dc.description.abstract | ABSTRAK
Nadira Aulia, 2022 “Implementasi Aplikasi E-Learning Madrasah Pada Mata Pelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah(MTs) Darussalam Samarinda, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing ibu Dr. Lina Revilla Malik, M.Si selaku dosen pembimbing I dan bapak Dr. Agus Setiawan, M. Pd.I selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini merupakan aplikasi anjuran dari Kementerian Agama untuk menerapakan e-learning madrasah yang telah dirancang sebagai solusi dar pembelajaran daring maupun setelah daring khsusnya pada mata pelajaran rumpun PAI. Maka tujuan dari research ini untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi e-learning madrasah pada mata pelajaran rumpun PAI dan faktor yang pendukung dan penghambat dalam penerapan aplikasi e-learning madrasah pada mata pelajaran di MTs Darussalam Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber datanya adalah pendidik akidah akhlak, pendidik SKI, pendidik fiqih dan pendidik al-qur’an dan hadits kelas VIII, untuk perwakilan peserta didik kelas VIII.1 10 orang, peserta didik kelas VIII.2 10 orang dan peserta didik kelas VIII.3 10 orang. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Teknik analisis terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi aplikasi e-learning pada mata pelajaran rumpun PAI, pendidik melakukan perencanaan pembelajaran terlebih dahulu, membuka fitur kelas online dan mengisi KI maupun KD .Dari segi pelaksanaan pendidikan memberikan materi ajar yang telah dibagikan, kemudian pendidik memberikan instruksi pada peserta didik mengenai pembelajaran pada e-learning madrasah dan memberikan penjelasan materi dari yang telah diberikan pendidik. Selanjutnya dari segi evaluasi pendidik memuat soal-soal pada fitur penugasan yang tersedia pada fitur penugasaan dan pendidik memberikan hasil penilaian tugas secara langsung pada fitur penilaian yang tersedia pada aplikasi e-elarning madrasah. Adapun faktor pendukung pada penerapan aplikasi e-learning madrasah yaitu tersediannya anggaran dana, prasarana dan sarana dan tersediannya hosthing pada e-learning madrasah untuk pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya yakni gangguan pada jaring dan sarana pada handphone. | en_US |