Show simple item record

dc.contributor.authorWahyudiwiyono, Achmad
dc.date.accessioned2022-10-26T01:01:53Z
dc.date.available2022-10-26T01:01:53Z
dc.date.issued2021-04-30
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1919
dc.description.abstractABSTRAK Achmad Wahyudiwiyono, “Efektivitas Penggunaan Media Video Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Bagi Santri Madrasah Diniyyah Takmiliyah Ad-Da’wah Loa Duri Ilir”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Skripsi ini dibimbing oleh Bapak Drs. Darwis, M.SI sebagai pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I sebagai pembimbing II. Metode mengajar yang menekankan pada guru bercerita dan siswa mendengarkan merupakan metode yang kurang efektif untuk mengembangkan keaktifan siswa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa yakni dengan memanfaatkan berbagai macam media pembelajaran, salah satunya ialah media video. Dengan penggunaan media video tersebut diharapkan dapat memudahkan siswa dalam proses belajar mengajar serta dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini sendiri berusaha untuk melihat seberapa besar efektivitas penggunaan media video pada mata pelajaran akidah akhlak bagi santri. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh santri Madrasah Diniyyah Ta’miliyah Ad-Da’wah yang berjumlah 137 santri. Dalam pengambilan sampel untuk penelitian ini menggunakan “purposive sampling” dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas Al-Qur’an A yang akan menjadi kelas eksperimen dan AlQur’an B yang akan menjadi kelas kontrol yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah, observasi, dokumentasi, dan tes (pre-test dan post-test). Data analisis dengan perhitungan statistik menggunakan rumus uji normalitas, uji homogenitas, uji N-gain, uji independent sample t test, Mendeskripsikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan, pertama hasil angket media video yang telah disebar peneliti kepada kelas eksperimen adalah sedang sebesar 40 %. Ini artinya dalam proses pembelajaran menggunakan media video santri Madrasah Dinniyah Ta’miliyah Ad-Da’wah khususnya kelas eksperimen sangat antusias dan dapat menerima materi yang sampaikan menggunakan media video. Kedua hasil uji normalitas sebesar 0,260 untuk kelas eksperimen dan 0,535 untuk kelas kontrol. Berarti bahwa kedua kelas tersebut memiliki nilai sig > 0,05 maka dapat dikatakan data yang digunakan dalam penelitian adalah berdistribusi normal. Ketiga hasil uji homogenitas nilai Signifikansi (Sig) Based On Mean adalah sebesar 0,223 > 0,05, yang artinya varians kelompok post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama atau homogen. Keempat di ketahui bahwa nilai rata-rata Ngain score untuk kelas eksperimen yaitu kelas Al-Qur’an A yang menggunakan media video adalah sebesar 62,80 % termasuk dalam kategori cukup efektif. Sementara untuk kelas kontrol yaitu kelas AlQur’an B mendapatkan nilai rata-rata N-gain score sebesar 29.54 % termasuk dalam kategori tidak efektif. Untuk memperkuat pernyataan diatas peneliti melakukan uji independent sample t tes diketahui nilai rata-rata (Mean) kelas eksperimen adalah sebesar 62.8088 atau jika dibulatkan 62,8 %. Kemudian berdasarkan kategori efektivitas N-Gain (%) maka dapat disimpukan bahwa penggunaan media video pada mata pelajaran akidah akhlak bagi santri Madrasah Dinniyah Takmiliyah Ad-Da’wah adalah cukup efektif.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectEfektivitas, Penggunaan Media Video, Mata Pelajaran Akidah Akhlaken_US
dc.titleEfektivitas Penggunaan Media Video Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Bagi Santri Madrasah Diniyyah Takmiliyah Ad-Da’wah Loa Duri Iliren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record