Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Akhlak Terpuji Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Anis Azizah. Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Akhlak Terpuji Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs.Khairul Saleh, M.Ag sebagai pembimbing I dan Ibu Marniati Kadir, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penyelenggaraan kegiatan keagamaan di MTs Darussalam Samarinda telah mendapatkan hasil yang memuasakan, dimana beberapa tujuan yang diharapkan dari proses kegiatan keagamaan tersebut telah tercapai, siswa yang awalnya belum sempurna mengamalkan nilai-nilai yang Islami dalam setiap tindakan serta perbuatan dalam kesehariannya, menjadi lebih mengetahui wawasan tentang ajaran agama Islam dan terbiasa untuk mengamalkan setelah kegiatan keagamaan rutin dilakukan, sehingga sedikit demi sedikit tertanamlah nilai-nilai akhlak terpuji ke dalam jiwa mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan keagamaan terhadap akhlak terpuji siswa di Madrasah Tsanawiyah Darusalam Samarinda.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa/i Madrasah Tsanawiyah Darussalam yang berjumlah 170 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling dan menentukan ukuran sampel menggunakan teknik slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner/angket,observasi, dan dokumentasi. Dalam hal ini, data dianalisis dengan statistik deskriptif dengan menggunakan skala likert, korelasi product moment, koefisien determinan dan uji t.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh antara kegiatan keagamaan terhadap akhlak terpuji siswa sebesar 0,918 yang apabila diinterpretasikan dengan tabel r berada diantara 0,800-1,00 berarti tingkat pengaruhnya sangat kuat. Pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai thitung = 18,10 > ttabel = 1,67022 sehingga Hα diterima bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan keagamaan terhadap akhlak terpuji siswa di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,918 dapat dimaknai bahwa besarnya sumbangan kegiatan keagamaan terhadap akhlak terpuji siswa di MTs Darussalam Samarinda sebesar 84,27%.