Show simple item record

dc.contributor.authorKarlina, Karlina
dc.date.accessioned2022-10-26T23:53:59Z
dc.date.available2022-10-26T23:53:59Z
dc.date.issued2021-07-27
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1933
dc.description.abstractABSTRAK Karlina, 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Aplikasi Google Classroom Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Loa Janan”. Skripsi, program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak M. Ridho Muttaqin, M.Pd.I selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keputusan pemerintah melalui surat edaran Nomor 14 tahun 2020 mengenai ketetapan pelaksanaan pendidikan dalam masa penyebaran Covid-19 yang dilaksanakan dari rumah melalui sistem dalam jaring (daring). Pembelajaran secara daring dapat dilaksanakan dengan berbagai jenis media pembelajaran, salah satunya menggunakan E-learning berbasis aplikasi Google Classroom. Aplikasi Google Classroom adalah platform gratis berbasis web yang dibuat untuk memepermudah kegiatan pembelajaran pendidik dan peserta didik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran E-learning berbasis aplikasi Google Classroom terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Loa Janan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Loa janan yang berjumlah 140 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI peringkat 1-5 yang berjumlah 20 siswa. Adapun untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket, dan dokumentasi. Kemudian data di analisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment, koefisien determinasi, dan uji t (uji hipotesis). Dari analisa yang telah dilakukan mengenai pengaruh penggunaan media pembelajaran E-learning berbasis aplikasi Google Classroom terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Loa Janan diketahui bahwa hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh angka sebesar 0,383. Angka tersebut terdapat pada interval pada nilai 0,20 s/d 0,399. Berdasarkan angka interprestasi tersebut terdapat korelasi yang rendah, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang rendah pada penggunaan media pembelajaran E-learning berbasis aplikasi Google Classroom terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Loa Janan yaitu sebesar 0,838. Adapun besar sumbangsi penggunaan media pembelajaran E-learning berbasis aplikasi Google Classroom terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam sebesar 14,66% dan sisanya dipengaruhi variabel lain. Kemudian di lihat dari thitung lebih besar dari t-tabel yaitu 1,808 > 1,729133 dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang peneliti ajukan diterima yaitu “Terdapat Pengaruh”.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran, E-learning, Aplikasi Google Classroomen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Aplikasi Google Classroom Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Loa Jananen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record