Implementasi Metode Bercerita Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ma’arif NU 003 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Sugiatun, 2018. ‘’ Implementasi Metode Bercerita Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ma’arif NU 003 Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Ity Rukiyah, M.Si sebagai Dosen Pembimbing I dan Ibu Siti Nor Asiah M.Pd sebagai Dosen Pembimbing II pada Prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.
Latar belakang penelitian ini adalah ditemukan beberapa anak di kelas RA Ma’arif NU 003 Samarinda yang mengalami masalah dalam perkembangan sosial emosionalnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Metode Bercerita Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ma’arif NU 003 Samarinda. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah Implementasi Metode Bercerita Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ma’arif NU 003 Samarinda, sudah terlaksana dengan baik, keadaan ini dapat terlihat dari keadaan dikelas yaitu, sebagaian besar anak keadaan tumbuh kembangnya sudah baik, sosial emosionalnya menunjukkan sikap yang positif seperti; bersikap toleran, kooperatif terhadap guru dan sesama teman, menghargai keunggulan teman, mengenal tata karma dan sopan santun yang sesuai dengan budaya setempat, memahami peraturan, disiplin, bersikap empati, gigih dan bangga terhadap hasil karya sendiri. Namun masih juga ditemukan beberapa anak yang mengalami masalah dalam perkembangan sosial emosional yaitu; pemarah, penakut, pemalu, dan sikap agresif yang berlebihan dan tentunya hal ini membutuhkan penanganan yang lebih lanjut baik dari psikolog anak, psikiater atau dokter anak yang berkompeten dibidangnya.