Implementasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di Kelompok B1 TK.IT Miftahu Ulum Anggana
Abstract
ABSTRAK
Sulikah, 2018. “ IMPLEMENTASI PERKEMBANGAN MOTORIK Halus Anak Usia Dini di Kelompok B1 TK.IT Miftahu Ulum Anggana. Penelitian ini dibimbing oleh Dr.Ity Rukiyah,M.Pd dan Siti Nor Asiah,M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya pengamatan yang dilakukan oleh peneliti terhadap anak didik di Kelompok B1 TK.IT Miftahul Ulum Anggana yang memiliki kendala dalam perkembangan motorik halusnya dan memerlukan stimulasi yang lebih baik lagi agar perkembangan motorik halus anak dapat berkembang optimal sesuai usianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini dengan kegiatan menggambar pada anak kelompok B TK.IT Miftahul Ulum Anggana.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan(Field Work Research) yang menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan sumber data dari kepala sekolah, wali kelas B1 serta guru sentra seni. Teknik pengumpulan data yang menggunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analis deskriptif kualitatatif Miles and Hubarman yang langkah-langkahnya terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan menggambar telah diimplementasikan peneliti dalam kegiatan pembelajaran dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini di kelompok B1 TK.IT Miftahul Ulum Anggana Kegiatan menggambar sebagai kegiatan pembelajaran dengan cara pemberian tugas dan praktik langsung, cara memegang pensil dengan benar beserta dengan latihan-latihannya sebagai awal dari kegiatan menggambar yang dapat menghasilkan imajinasi anak serta menggunakan minimal empat kecerdasan yaitu cerdas gerak,cerdas gambar,cerdas diri dan cerdas bahasa.