Show simple item record

dc.contributor.authorRahimah, Nor Reska
dc.date.accessioned2022-11-09T07:21:28Z
dc.date.available2022-11-09T07:21:28Z
dc.date.issued2020-08-04
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1995
dc.description.abstractABSTRAK Nor Reska Rahimah, 2020. “Penerapan Metode Iqra Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Alquran di Madrasah Ibtidaiyah Al Muna Samarinda”. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhmad Bukhari, M.Ag selaku pembimbing I dan Siti Nor Asiah M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang dalam penelitian ini adalah Madrasah Ibtidaiyah Al Muna Samarinda yang telah lama menggunakan metode Iqra yaitu kurang lebih 7 tahun yang kemudian divariasikan dengan metode lain seperti metode latihan, penugasan dan hafalan. Sebelum diterapkannya metode Iqra di sekolah ini masih terdapat siswa yang belum bisa mengaji. Setelah beberapa tahun kemudian sekitar 4 tahun lalu dari diterapkannya metode Iqra ini sudah banyak siswa yang bias mengaji. Tentunya seorang guru baca tulis Alquran harus memiliki metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan apa yang akan diajarkan. Karena dengan metode yang tepat tentu akan mencapai sasaran dan tujuan yang diharapkan dengan efektif dan efisien. Metode dalam pembelajaran Alquran merupakan faktor yang sangat dominan dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran Baca Tulis Alquran di Madrasah Ibtidaiyah Al Muna Samarinda. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk narasi atau kata-kata baik secara tertulis maupun lisan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quality Research penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru Baca Tulis Alquran. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan dantriangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Al Muna Samarinda yaitu menggunakan metode Iqra. Penerapan metode Iqra di kelas I, II dan III yaitu belajar tentang makhrojul huruf yang masih berharakat fathah, panjang pendeknya bacaan, diperkenalkan dengan bunyi hurufhuruf bersambung dan pengenalan tanda baca (fathah, kasrah, dhommah, fathahtain, kasrahtain, dhommahtain). Sedangkan penerapan metode Iqra di kelas IV, V dan VI belajar tentang bunyi ya sukun dan wawu sukun, mim sukun, nun sukun, qalqalah, idghom bighunnah, idghom bilaghunnah, iqlab, ikhfa, dan lain-lain. Di sekolah ini sebelum mengaji siswa terlebih dahulu menulis Iqra sesuai halaman yang akan dibaca. Kemudian sambil memanggil siswa satu persatu maju ke depan untuk mengaji. Selesai mengaji apabila siswa tersebut belum selesai menulis maka tetap melanjutkan tulisannya. Setelah selesai menulis maka hasil tulisannya dikumpulkan ke depan dan diberi nilai. Selain menggunakan metode Iqra guru juga menggunakan metode lain seperti metode latihan, penugasan dan hafalan.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMetode Iqra, Mata Pelajaran, Baca Tulis Alquranen_US
dc.titlePenerapan Metode Iqra Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Alquran di Madrasah Ibtidaiyah Al Muna Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record