Pengembangan Kemandirian Anak TK Al Jawahir Samarinda Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Abstract
ABSTRAK
Fatimah Ali,2018 “ Pengembangan Kemandirian Anak TK Al Jawahir Samarinda Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag dan Rostanti Toba, M.Pd.
Latarbelakangpenelitianiniadalah pentingnya pengembangan kemandirian anak dan TK Al Jawahir telah mengupayakan berbagai langkah-langkah didalam pengembangan kemandirian anak diantaranya: meningkatkan rasa percaya diri dalam diri anak, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menggunakan metode pembiasaan, serta memotivasi anak untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
Telah mengungkapkan berbagai hal dilapangan peneliti memperoleh data melalui metode pengumpulan data Fieldworkresearch (penelitian lapangan) yaitu suatu sistem pengumpulan data dengan cara langsung mengadakan penelitian di lapangan tempat peneliti mengadakan penelitian.Untuk memperoleh data yang objektif serta empiris dengan menggunakan teknis wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kemandirian anak sudah mulai berkembang. Dengan adanya upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dan sekolah serta ditunjang oleh faktor pendorong seperti semangat para guru yang sangat tinggi dan sarana dan prasarana pendukung didalam pengembangan kemandirian anak.