Show simple item record

dc.contributor.authorHalim, Fajar
dc.date.accessioned2022-11-16T07:10:58Z
dc.date.available2022-11-16T07:10:58Z
dc.date.issued2020-02-05
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2032
dc.description.abstractABSTRAK Fajar Halim, 2020. “ Model Pembelajaran Rumpun Mata Pelajaran Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.SI dan Indriana Rahmawati, M.SI Penelitian ini Bertolak dari pemikiran bahwa dalam pelaksanaan proses pembelajaran, guru perlu menerapkan model pembelajaran yang bervariatif dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai, karakterristik mata pelajaran, peserta didik, dan ketersediaan sumber belajar/sarana prasarana. Serta tugas guru dalam rangka optimalisasi proses belajar mengajar adalah sebagai fasilitator yang mampu mengembangkan kemauan belajar anak, mengembangkan kondisi belajar yang relevan agar tercipta suasana belajar secara wajar dengan penuh kegembiraan dan mengadakan pembatasan positif terhadap dirinya sebagai seorang pengajar. Peneliti bertujuan untuk memperoleh gambaran Model pembelajaran apa saja yang dilakukan guru rumpun mata pelajaran agama islam, mengetahui factor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan model pembelajaran PAI dan mengetahui solusi yang diterapkan untuk membangun model pembelajaran bagi guru PAI di MI Al-Mujahidin Samarinda. Penelitian ini dilakukan merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil objek di MI Al-Mujahidin Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari data yang terkumpul melalui tiga teknik di atas, kemudian data dianalisis melalui empat tahap yakni dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Sumber data yang diambil ialah sumber data primer dan sekunder sumber data primer yaitu, Kepala Madrasah, Guru Rumpun PAI, dan TU, sedangkan sumber data sekunder ialah Dokumen sekolah Arsip Data dan Sapras Sekolah. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan tentang Model Pembelajaran Guru PAI di MI Al-Mujahidin yaitu salah satu modelnya pembelajaran yang sering digunakan guru di MI Al-Mujahidin dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah Model Pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), kemudian dalam model ini ada berbagai metode yang digunakan yang disesuaikan materi yang diajarkan, serta media pembelajaran sangat membantu dalam proses KBM.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran, Rumpun Mata Pelajaran Agama Islamen_US
dc.titleModel Pembelajaran Rumpun Mata Pelajaran Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record