dc.description.abstract | Arkoma, 2018. “Efektivitas Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Ibadah Sholat Siswa Kelas VIII SMP Negeri 38 Samarinda Tahun Pelajaran 2017/2018 ”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda Peneliti ini dibimbing oleh Bapak Bahrani, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Hj. Dwi Nur’aini Dahlan, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang dalam penelitian ini adanya permasalahan yang ditemui oleh penulis dikelas VIII SMP Negeri 38 Samarinda, yaitu masih terdapat siswa yang belum tetap dalam mempraktikkan gerakan dan bacaan sholat dengan baik dan benar. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengatahui keefektivitasan penggunaan metode demonstrasi terhadap peningkatan keterampilan ibadah sholat siswa kelas viii smp negeri 38 samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain eksperimen dengan menggunakan Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 38 Samarinda kelas VIII A, B, dan C yang berjumlah 105 siswa. Penulis mengambil sampel 29% dari populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Penulis menggunakan uji T independent Sample t-test. Hasil dari penelitian ini adalah efektivitas penggunaan metode demonstrasi efektif terhadap peningkatan keterampilan ibadah sholat siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil Thitung > TTabel (16,2692 > 1,701) pada taraf signifikan 5% maka hipotesis yang berbunyi “Penggunaan Metode Demonstrasi Efektif Terhadap peningkatan keterampilan Ibadah Sholat siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Samarinda” di terima. Jadi terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan dari hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. | en_US |