Show simple item record

dc.contributor.authorArianto, Rizza Arbi
dc.date.accessioned2022-11-21T01:34:46Z
dc.date.available2022-11-21T01:34:46Z
dc.date.issued2022-10-11
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2058
dc.description.abstractABSTRAK Rizza Arbi Arianto, 2022. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Muara Wahau”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Fathul Janah, M. SI, sebagai pembimbing I dan Marniati Kadir, S. Pd, M. Pd., sebagai pembimbing II. Kompetensi guru adalah seperangkat penguasaan kemampuan yang harus ada dalam diri seorang guru agar dapat mewujudkan kinerja secara tepat dan juga efektif. Sebagai seorang guru memiliki tugas dan tanggung jawab bukan hanya menyampaikan bahan pelajaran kepada peserta didik, melainkan dituntut juga agar pelajaran yang diterapkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa sehingga siswa dapat menyerap ilmu pengetahuan, mengamalkan, dan dapat berguna bagi siapapun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar PAI pada siswa di SMP Negeri 2 Muara Wahau, Kutai Timur. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Wahau, Kutai Timur dengan total sampel 85 responden. Teknik analisis data menggunakan teknik koefisien korelasi dengan rumus Pearson Product Moment. Uji hipotesis dilakukan untuk melihat signifikansi korelasi data sekaligus membuktikan kebenaran hipotesis, serta Uji keabsahan data dilakukan dengan uji realibilitas dan validitas data. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh kompetensi professional guru terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Muara Wahau. Dari perhitungan di atas, maka dapat dilihat dalam interprestasi “r” terletak diantara 0,60 – 0,799 yakni diketahui bahwa korelasi ( r ) antara variabel X dan variabel Y bernilai r = 0,664 sehingga tingkat korelasinya termasuk dalam kategori “kuat” sehingga kompetensi Profesional Guru PAI kuat korelasinya dengan hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 2 Muara Wahau, Kutai Timur. Sehingga kompetensi profesionalisme guru memiliki hubungan yang erat terhadap hasil belajar siswa. Keberhasilan siswa dalam belajar tergantung dari proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Seorang guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran harus dapat memfasilitasi siswa agar siswa dapat memahami materi yang dipelajari. Disamping itu, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi siswa dalam belajar, faktor tersebut antara lain yaitu tujuan mengajar, siswa yang belajar, guru yang mengajar, metode mengajar, alat bantu mengajar, penilaian dan situasi pengajaran.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPengaruh, Kompetensi, Profesional, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI)en_US
dc.titlePengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Muara Wahauen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record