Show simple item record

dc.contributor.authorRamaliah, Aminah
dc.date.accessioned2020-03-26T09:16:08Z
dc.date.available2020-03-26T09:16:08Z
dc.date.issued2018-10-08
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/205
dc.description.abstractAminah Ramaliah, 2018. “ Pengaruh Bimbingan Belajar Al-qur’an dan Hadits terhadap Minat Belajar Siswa di MTs. DDI Tani Aman Loa janan Ilir”. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. Yahya, M.Pd dan Ibu Siti Nor Asiah, M.Pd. Skripsi ini dilatar belakangi bahwa. setiap pelaksana bimbingan belajar (guru) harus mampu menumbuhkan kesadaran dan mengembangkan pembiasaan agar setiap siswa merasa menjadi kebutuhan dan senang untuk belajar. Jika guru tidak bersifat aktif dan kreatif maka siswa akan mudah bosan dan proses belajar mengajar pun akan menjadi terganggu dan tidak menyenangkan jadi guru harus mempersiapkan bahan dan strategi untuk menjadikan proses belajar mengajar tersebut lebih menyenangkan, karena bimbingan belajar harus mengedepankan minat terutama dalam hal bimbingan belajar Al-Qur’an dan Hadits sebab tidak semua siswa mampu memahami isi hadits dan cara membaca Al-Qur’an dengan baik. Bimbingan belajar dan keaktifan guru sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa dan akan berpengaruh juga terhadap hasil belajar siswa sebab semakin baik bimbingan belajar dan minat siswa dalam mengikutinya maka semakin baik pula proses dalam bimbingan belajar tersebut, serta siswa akan lebih memahami apa yang diajarkan dan apa yang guru terapkan dalam proses bimbingan belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi adalah seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX yang berjumlah 279, dan sampel penelitian berjumlah 73 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket. Kemudian, hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik korelasi product moment dan uji t. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai r sebesar 0,271, yakni berada pada skala interpretasi 0,21 sampai dengan 0,40 dengan taraf Cukup. Selanjutnya diperoleh nilai t hitung sebesar 4,394 > t tabel 1,993. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bimbingan belajar al-qur’an dan hadits berpengaruh terhadap minat belajar siswa.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMETODE BELAJAR PAIen_US
dc.titlePengaruh Bimbingan Belajar Al-qur’an dan Hadits terhadap Minat Belajar Siswa di MTs. DDI Tani Aman Loa janan Iliren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record