Show simple item record

dc.contributor.authorUlfa, Maria
dc.date.accessioned2022-11-22T23:53:02Z
dc.date.available2022-11-22T23:53:02Z
dc.date.issued2022-08-22
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2069
dc.description.abstractABSTRAK Maria Ulfa, 2022. “Hubungan Antara Pendidikan Karakter Dengan Perilaku Remaja di MTs As-Sa’adiyah Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Mujahidah, S. Psi, M. Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Saipul Hadi, M. PdI. Selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya perilaku remaja yang terjadi di lingkungan sosial bahkan sampai kelingkungan pendidikan. Perilaku remaja tersebut disebabkan anak remaja yang mudah terpengaruh hal-hal yang baru diketahui meskipun bersifat negatif, seperti narkoba, mencuri, berkelahi, membully, kebut-kebutan, minum-minuman keras, merokok, membolos, dan lainlain. Hal tersebut dimaklumi karena masa remaja sedang berada pada fase pencarian jati diri sehingga mereka kerap melakukan hal yang baru dan menantang tanpa mengetahui dampak buruk atas setiap tindakan yang diperbuat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada hubungan antara pendidikan karakter dengan perilaku remaja di MTs As- Sa’adiyah Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu siswa MTs As-Sa’adiyah Samarinda yang berjumlah 82 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment, uji t, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui uji normalitas 0,200>0,05 dan uji linearitas 0,756>0,05 maka berdistribusi normal dan bersifat linear. Hasil penelitian korelasi product moment 0,467 yang apabila di interprestasikan dengan tabel r berada di 0,400-0,599 yang berada pada taraf signifikansi yang sedang. Hal ini berdasarkan analisis uji t, diperoleh hasil thitung>ttabel (4,725>1,664), yang artinya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan kearah yang negatif antara pendidikan karakter dengan perilaku remaja di MTs As- Sa’adiyah Samarinda. Semakin tinggi pendidikan karakter maka kenakalan remaja semakin rendah. Hasil koefisien determinasi sebesar 21,81% dan sisanya 78,19% ditentukan variabel lain yang tidak diketahui.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectHubungan, Pendidikan Karakter, Perilaku Remajaen_US
dc.titleHubungan Antara Pendidikan Karakter Dengan Perilaku Remaja di MTs As-Sa’adiyah Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record