Show simple item record

dc.contributor.authorHanna Windari, Rezti
dc.date.accessioned2020-03-26T09:21:41Z
dc.date.available2020-03-26T09:21:41Z
dc.date.issued2018-09-25
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/206
dc.description.abstractRezti Hanna Windari, Pengaruh Minat Baca Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Penelitian ini dilakukan di bawah bimbingan Bapak Drs. Khairul Saleh, M. Ag sebagai pembimbing 1 dan Bapak Abdul Razak, M.Pd sebagai pembimbing II. Latar Belakang Masalah adalah sebagian besar peserta didik MIN 2 Samarinda belum menanamkan minat bacanya, untuk meraih prestasi dengan hasil dengan nilai yang lebih tinggi. Dalam hal ini cara belajar peserta didik masih mengikuti keinginannya sendiri. kurangnya disiplin baik dalam kelas maupun diluar kelas merupakan bentuk karena belum tumbuhnya minat baca dalam diri masing-masing peserta didik. Dalam proses belajar mengajar disekolah perlu adanya kepercayaan orang tua terhadap lembaga pendidikan, hingga baik atau tidaknya prestasi belajar peserta didik bukan karena kelalaian atau kurangnya perhatian seorang guru dalam mengajar dan sebagainya, akan tetapi disebabkan kurangnya minat baca peserta didik itu sendiri. Berakibat pada menurunnya prestasi belajar yang di raih, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh minat baca peserta didik terhadap prestasi belajar kelas V di MIN 2 Samarinda. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda yang berjumlah 116 peserta didik, dengan mengambil sampel melalui teknik stratified random sampling yang berjumlah 90 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan adalah korelasi: Product Moment dan uji t. Hasil analisis data diperoleh hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa minat baca peserta didik kurang berpengaruh terhadap prestasi belajar, yaitu sebesar 0,1991. Besarnya pengaruh ini dibuktikan dengan perhitungan menggunakan thitung diperoleh nilai sebesar 1,904 dan diinterpretasikan dengan nilai ttabel sebesar 1,661. Maka nilai thitung > ttabel, yaitu 1,904 > 1,661. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh minat baca peserta didik terhadap prestasi belajar kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPRESTASI BELAJARen_US
dc.titlePengaruh Minat Baca Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record