View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Perbandingan Hasil Belajar PAI Antara Siswa Reguler Dan Eksperimen Di Madrasah Aliyah Ibadurrahman Tenggarong Seberang

Thumbnail
View/Open
Ardansyah.docx (12.33Kb)
Date
2018-06-05
Author
Ardansyah
Metadata
Show full item record
Abstract
Ardansyah, Perbandingan Hasil Belajar PAI Antara Siswa Reguler Dan Eksperimen Di Madrasah Aliyah Ibadurrahman Tenggarong Seberang, Skripsi, Program Studi Pendidiakan Agama Islam, Fakultas Taribyah dan Ilmu Keguruan, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Pembimbing (I) Bahrani,M.pd. (II).Sunanik,M.Pd.I Latar belakang penelitan ini apakah terdapat perbedaan hasil belajar PAI antara siswa reguler dan siswa eksperimen di Madrasah Aliyah Ibadurrahman yang mana di hasil belajar PAI yang meliputi (Fiqih, Alquran Hadist, Aqidah Ahlak, Sejarah Kebudayaan Islam). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar pai antara siswa reguler dan siswa eksperimen di Madrasah Aliyah Ibadurrahman. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan dua variabel independen yaitu X1 dan X2 (kelas eksperimen dan kelas reguler). Sedangkan Variabel dependen hasil belajar PAI (Y) diperoleh dengan mengumpulkan hasil tes nilai rumpun pada mata pelajaran pendidikan agama islam (Fiqih, Alquran Hadist, Aqidah Ahlak, Sejarah Kebudayaan Islam) dengan menggunakan instrumen penelitian. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah instrumen tes dalam mengumpulkan data hasil nilai kedua kelas tersebut, adapun rumus uji hipotesis menggunakan analisis uji t komparatif independent. berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh dengan menggunakan aplikasi spss.16 maka hasil penelitian menunjukkan bahwa ttest = 1.393 dan taraf singnifikansinya = 0.173 dan jika hasil ttest dihubungkan dengan ttabel maka ttes lebih besar dari pada ttabel (ttest > ttabel = 1.393 > 0.173 ), Jadi Ho (hipotesis nihil) diterima dan Ha ditolak. Dengan maksud berdasarkan uji keputusan hipotesis apabila ttest lebih besar dari pada ttabel maka tidak terdapat perbedaan hasil belajar PAI yang signifikan antara siswa kelas reguler dan siswa kelas eksperimen kelas X di Madrasah Aliyah Ibadurrahman Tenggarong Seberang pada mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam yang meliputi Fiqih, Alquran Hadist, Aqidah Ahlak, Sejarah Kebudayaan Islam, tahun ajaran 2017/2018.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/207
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [900]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV