Perbandingan Hasil Belajar PAI Antara Siswa Reguler Dan Eksperimen Di Madrasah Aliyah Ibadurrahman Tenggarong Seberang
Abstract
Ardansyah, Perbandingan Hasil Belajar PAI Antara Siswa Reguler Dan
Eksperimen Di Madrasah Aliyah Ibadurrahman Tenggarong Seberang, Skripsi,
Program Studi Pendidiakan Agama Islam, Fakultas Taribyah dan Ilmu Keguruan,
Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Pembimbing (I) Bahrani,M.pd.
(II).Sunanik,M.Pd.I
Latar belakang penelitan ini apakah terdapat perbedaan hasil belajar PAI
antara siswa reguler dan siswa eksperimen di Madrasah Aliyah Ibadurrahman
yang mana di hasil belajar PAI yang meliputi (Fiqih, Alquran Hadist, Aqidah
Ahlak, Sejarah Kebudayaan Islam). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
apakah terdapat perbedaan hasil belajar pai antara siswa reguler dan siswa
eksperimen di Madrasah Aliyah Ibadurrahman.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif
dengan dua variabel independen yaitu X1 dan X2 (kelas eksperimen dan kelas
reguler). Sedangkan Variabel dependen hasil belajar PAI (Y) diperoleh dengan
mengumpulkan hasil tes nilai rumpun pada mata pelajaran pendidikan agama
islam (Fiqih, Alquran Hadist, Aqidah Ahlak, Sejarah Kebudayaan Islam) dengan
menggunakan instrumen penelitian. Instrumen penelitian dalam penelitian ini
adalah instrumen tes dalam mengumpulkan data hasil nilai kedua kelas tersebut,
adapun rumus uji hipotesis menggunakan analisis uji t komparatif independent.
berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh dengan menggunakan aplikasi
spss.16 maka hasil penelitian menunjukkan bahwa ttest = 1.393 dan taraf
singnifikansinya = 0.173 dan jika hasil ttest dihubungkan dengan ttabel maka ttes
lebih besar dari pada ttabel (ttest > ttabel = 1.393 > 0.173 ), Jadi Ho (hipotesis nihil)
diterima dan Ha ditolak. Dengan maksud berdasarkan uji keputusan hipotesis
apabila ttest lebih besar dari pada ttabel maka tidak terdapat perbedaan hasil belajar
PAI yang signifikan antara siswa kelas reguler dan siswa kelas eksperimen kelas
X di Madrasah Aliyah Ibadurrahman Tenggarong Seberang pada mata pelajaran
rumpun Pendidikan Agama Islam yang meliputi Fiqih, Alquran Hadist, Aqidah
Ahlak, Sejarah Kebudayaan Islam, tahun ajaran 2017/2018.