Show simple item record

dc.contributor.authorSulaiman, Andy
dc.date.accessioned2022-11-24T02:40:24Z
dc.date.available2022-11-24T02:40:24Z
dc.date.issued2022-09-28
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2078
dc.description.abstractABSTRAK Andy Sulaiman, 2022 “Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Terhadap Percaya Diri dan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Al MISRA Samarinda” Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag selaku Pembimbing I dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini dilakukan karena pembelajaran yang dilakukan siswa baik didalam kelas, diluar kelas maupun diluar dari pembelajaran sekolah atau bisa disebut ekstrakurikuler membutuhkan yang namanya dorongan dari orang tua baik berupa motivasi maupun material (uang). Hal tersebut bertujuan agar anak dapat mendapat banyak pengalaman belajar seperti mudah dalam memahami materi yang diberikan guru, dengan hal tersebut percaya diri dan prestasi siswa dapat meningkat. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latar belakang sosial ekonomi terhadap percaya diri dan prestasi belajar siswa di MTs Al MISRA Samarinda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi sebanyak 167 siswa. Sampel dalam penelitian menggunakan rumus Slovin sebanyak 62 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan angket. Teknik keabsahan menggunakan data uji validitas, uji realibilitas sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji analisis jalur, uji sobel. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Latar Belakang Sosial Ekonomi Berpengaruh Terhadap Percaya Diri dengan nilai 𝛼 sebesar 0,004<0,05 yang berarti H1 diterima, Latar Belakang Sosial Ekonomi Tidak Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar dengan nilai 𝛼 sebesar 0,100>0,05 yang berarti H2 ditolak, Percaya diri tidak berpengaruh terhadap Prestasi belajar dengan nilai 𝛼 sebesar 0,751>0.05 yang berarti H3 ditolak, dan pengaruh tidak langsung latar belakang sosial ekonomi terhadap prestasi belajar melalui percaya diri sebagai mediasi sebesar 0,049 > pengaruh langsung sebesar -0,260 yang berarti H4 diterima pada hasil uji data yang dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Al MISRA Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectSosial Ekonomi, Percaya Diri, Prestasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Terhadap Percaya Diri dan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Al MISRA Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record