dc.description.abstract | ABSTRAK
Shania Nur Haliza, 2022. Peningkatan Prestasi Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Samarinda Plus Keterampilan dan Riset. Skirpsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Fathul Jannah, M.SI sebagai pembimbing I dan Ibu Widya Noviana Noor, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang dari penelitian ini yaitu berhasil atau tidak nya pencapaian tujuan pendidikan itu sangat tergantung pada proses belajar. Guru mempunyai kesempatan lebih banyak untuk menstimulus kreatifitas anak daripada orangtua. Maka dari itu sangat penting bagi guru untuk mengembangkan kreatifitas siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu cara yang paling baik adalah dengan memotivasinya, sehingga dalam belajar guru dapat membangkitkan siswa bahwa setiap individu pada hakikatnya mempunyai kemampuan untuk berprestasi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini berfokus pada bagaimana upaya guru fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa MAN 1 Samarinda Plus Keterampilan dan Riset. Responden pada penelitian ini yaitu wakil kepala kurikulum dan 1 orang guru fiqih dan 5 orang siswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan Upaya guru fiqih sudah cukup baik dan berhasil dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui 1). Memotivasi siswa, 2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi yang bervariatif seperti NHF (head numbered together) dan CTL (contextual teaching learning) yang di sesuaikan dengan kondisi siswa pada saat proses pembelajaran, 3) menggunakan metode pembelajaran yang sesuai seperti metode diskusi dan ceramah dikarenakan materi pembelajaran fiqih banyak yang harus dijelaskan agar siswa lebih memahami permasalahan tentang agama ataupun menggunakan metode problem solving dan praktek, 4) menggunakan media pembelajaran seperti menampilkan power point, video pembelajaran fiqih untuk memudahkan penyampaian materi sehingga siswa mudah mengingat materi yang disampaikan, 5) proses bimbingan yang dilakukan untuk mengetahui sebatas mana kemampuan siswa dalam menerima materi, 6) melakukan evaluasi sebagai alat ukur ketercapaian tujuan, yang dibuktikan dengan prestasi belajar siswa. | en_US |