dc.description.abstract | ABSTRAK
Siti Ismiyati Mutoharoh, 2022. “Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Plus Salsabila Samarinda”. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Samarinda Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M.Pd dan Siti Maulidah, M.Pd.
Latar belakang dalam penelitian ini guru Pendidikan Agama Islam tidak selalu berada dikelas yang menjadi objek penelitian, sehingga metode tutor sebaya digunakan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan empat orang siswa kelas VII dan dua orang siswa kelas VIII. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode tutor sebaya pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Salsabila Samarinda. Sehingga dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan memudahkan untuk memahami materi pembelajaran yang telah diajarkan
Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian penelitian kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif dari orang yang diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bidang studi Pendidikan Agama Islam, dan siswa-siswa berprestasi.
Hasil dari penelitian Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Salsabila Samarinda, bahwasannya metode pembelajaran tutor sebaya yang telah diteliti di SMP Plus Salsabila mengenai sebuah perencanaan pembelajaran di sekokolah tersebut seperti guru menyampaikan sebuah petunjuk kepada siswa yang menjadi tutor bagaimana cara mendekati teman sebaya yang belum memahami materi. Kemudian guru harus mempersiapkan materi yang akan digunakan untuk pembelajaran metode tutor sebaya tersebut. Dalam pelaksanaan pembelajaran metode tutor sebaya ini guru membagian kelompok dan di setiap kelompok harus ada salah satu siswa yang menjadi tutor supaya pembelajaran metode ini dapat berjalan dengan efisien. Untuk melaksanakan pembelajaran ini juga ada media yang digunakan seperti sebuah gambar atau video yang berkaitan dengan materi yang diajarkan oleh tutor. Kemudian di akhir pertemuan guru mengadakan sebuah evaluasi pembelajaran, dimana evaluasi ini digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan seperti memberikan sebuah ujian atau tes secara tertulis, tidak tertulis, dan lisan kepada siswa yang telah melakukan pembelajaran metode tutor sebaya tersebut. | en_US |