Show simple item record

dc.contributor.authorHafizah, Rizki
dc.date.accessioned2020-03-26T09:35:18Z
dc.date.available2020-03-26T09:35:18Z
dc.date.issued2018-10-08
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/209
dc.description.abstractRizki Hafizah, 2018. “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) pada Mata Pelajaran Alquran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda”. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah, M. M.Pd dan Bapak Drs. Ahmad Riyadi, S. S., M.Hum. Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan umum yang sering terjadi pada proses pembelajaran yaitu kurangnya keaktifan siswa dalam belajar, keterbatasan alokasi waktu, dan kurang sesuainya strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Guru perlu memiliki keterampilan dalam penguasaan strategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif (acive learning) pada mata pelajaran Alquran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif (acive learning) pada mata pelajaran Alquran Hadits di MTs. Labbaika Samarinda. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menulis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya dijelaskan pada gejala-gejala yang tampak. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif (active learning) pada mata pelajaran Alquran Hadits di MTs. Labbaika Samarinda diantara metode-metode yang digunakan dalam pembelajaran Alquran Hadits adalah metode diskusi, tanya jawab, card sort, drill (latihan) dan reading aloud (membaca nyaring). Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam pembelajaran Alquran Hadits adalah adanya minat siswa belajar yang tinggi, adanya fasilitas dan sumber belajar yang memadai untuk proses belajar, sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan tersebut adalah adanya sebagian siswa yang enggan menyampaikan pendapatnya dan masih kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectSTRATEGI PEMBELAJARANen_US
dc.titlePenerapan Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) pada Mata Pelajaran Alquran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record