dc.description.abstract | Rizki Hafizah, 2018. “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif (Active
Learning) pada Mata Pelajaran Alquran Hadits di Madrasah Tsanawiyah
Labbaika Samarinda”. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”.
Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah, M. M.Pd dan Bapak Drs.
Ahmad Riyadi, S. S., M.Hum.
Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan umum yang sering
terjadi pada proses pembelajaran yaitu kurangnya keaktifan siswa dalam belajar,
keterbatasan alokasi waktu, dan kurang sesuainya strategi pembelajaran yang
diterapkan oleh guru. Guru perlu memiliki keterampilan dalam penguasaan
strategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif (acive learning) pada
mata pelajaran Alquran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda.
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah
bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif (acive learning) pada mata
pelajaran Alquran Hadits di MTs. Labbaika Samarinda.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif,
dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun untuk menulis data digunakan metode deskriptif kualitatif,
yakni uraiannya dijelaskan pada gejala-gejala yang tampak.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif
(active learning) pada mata pelajaran Alquran Hadits di MTs. Labbaika
Samarinda diantara metode-metode yang digunakan dalam pembelajaran Alquran
Hadits adalah metode diskusi, tanya jawab, card sort, drill (latihan) dan reading
aloud (membaca nyaring). Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam
pembelajaran Alquran Hadits adalah adanya minat siswa belajar yang tinggi,
adanya fasilitas dan sumber belajar yang memadai untuk proses belajar,
sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan tersebut adalah
adanya sebagian siswa yang enggan menyampaikan pendapatnya dan masih
kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran. | en_US |