PengaruhTayanganFilmKartunTerhadap PerilakuNegatifSiswadiSDN030KotaBangun
Abstract
NindyRistuAstuti,2018.PengaruhTayanganFilmKartunTerhadap
PerilakuNegatifSiswadiSDN030KotaBangun.Skripsi,Program Studi
PendidikanAgamaIslam,Program Sarjana(S1),InstitutAgamaIslam
Negeri(IAIN)Samarinda.PenelitianinidibimbingolehBapak Dr.Zamroni,
M.Pd sebagaipembimbing Idan BapakAbdulRazak,M.Pd sebagai
pembimbingII.
Tayangan film kartun ditelevisimemilikipengaruh terhadap
pembentukanperilakusiswa.Padasaatinibanyaksekalitayanganfilm
kartunyangmemilikiunsurtidakmendidikbahkansampaiditiruoleh
pemirsaataupenontonitusendiri.Tayanganyangditontonanakakan
denganmudahdicernaolehotakanakkarenadiusiamerekadapat
denganmudahmenerimainformasiyangdilihatdanditayangkansecara
berulang-ulang.
Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiuntukmengetahui
besarpengaruhtayanganfilmkartunditelevisiterhadapperilakunegatif
siswadiSDN030KotaBanguna.Adapunmanfaatdaripenelitianiniadalah
agardapatmemberikansumbangankonseppadateoripendidikananak
sekolahdasarnegeri(SDN)yaitupengaruhtayanganfilmkartunterhadap
perilakunegatifsiswaSDN030KotaBangun.
Populasidalampenelitianiniadalah168orangsiswaSDN030Kota
BangundanpenelitimenggunakanteknikPorposiveSamplingsehingga
hanya80 orangsiswasajayangdijadikansampel.Adapunmetode
penelitian digunakan adalah metode kuantitatif, dengan teknik
pengumpulandatamenggunakanangketyangditujukankepadasampel
yangtelahdipilihdiSDN 030 KotaBangun.untukmenganalisisdata
menggunakankolerasiproductmomentdanujit.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasetelahdilakukananalisisdata
ternyatamemilikipengaruhtayanganfilm kartunditelevisiterhadap
perilakunegatifsiswadiSDN 030 KotaBangundengananalisis:rxy
(tayanganfilmkartunterhadapperilakunegatifsiswa)=0,391.Jikahasil
analisadiinterprestasikanmakaberadapadanilai0,20-0,399yangberarti
kurangberpengaruhdenganintensitasrendah.Hipotesisyangberbunyi
“terdapatpengaruhtayanganfilmkartunterhadapperilakunegatifsiswa
diterima,sebabujitsebesar=4,070dibandingkandenganttablesebesar
1,991.