Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B2 Di TK IT Salsabila Samarinda
Abstract
ABSTRAK
PADIA NADILA SARI, 2022, “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B2 Di TK IT Salsabila Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini di bimbing oleh Bapak Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Nurwati, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan mengenal huruf anak dengan melihat hasil observasi pada pratindakan pada 20 Juli 2022 yang menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok B2 Di TK IT Salsabila Samarinda sebesar 12%. Kemampuan anak mengenal huruf masih belum berkembang secara optimal, karena terdapat beberapa peserta didik yang masih belum mampu mengenal huruf, belum bisa membedakan huruf, serta masih sulit dalam merangkai kata menjadi kalimat yang sederhana. Karena anak-anak di sana masih banyak yang belum memahami konsep kata sehingga kesulitan dalam menyebutkan huruf dengan lafal maupun bentuknya yang mirip. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B2 Di TK IT Salsabila Samarinda.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak-anak usia 5-6 tahun di TK IT Salsabila Samarinda yang berjumlah 12 anak terdiri dari 4 orang anak berjenis kelamin (laki-laki) dan 8 anak berjenis kelamin (perempuan). Teknik Pengumpulan Data dengan Observasi dan Dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, tahap-tahap dalam penelitian ini yaitu mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diantaranya yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan atau observasi, (4) Refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf, hal ini telah dibuktikan pada pelaksanaan siklus I dimana mencapai 35% dan pada siklus II meningkat sesuai target peneliti mencapai 81%. Hasil penelitian peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui media kartu kata bergambar pada anak kelompok B2 di TK IT Salsabila Samarinda disebut meningkat sesuai harapan peneliti. Menggunakan media kartu kata bergambar membuat anak tidak cepat merasa bosan dan pembelajaran akan menjadi menyenangkan dan lebih bersemangat dalam belajar mengenal huruf.