Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMK Miftahul Ulum Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Safa Kamila, 1811101099. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMK Miftahul Ulum Samarinda”. Penelitian skripsi ini dibawah bimbingan bapak Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag selaku Pembimbing 1 dan bapak Abdul Razak, M.Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak siswa SMK Miftahul Ulum yang kurang mendapat perhatian dari orang tua mereka, dan berdampak pada kurangnya motivasi dan perhatian yang di peroleh dari orang tua mereka,. Kurangnya perhatian yang di peroleh oleh siswa SMK Miftahul Ulum akan berdampak terhadap motivasi dan prestasi belajar dalam bentuk nilai ulangan mereka di sekolah. Perhatian orang tua sangatlah mendukung dalam kegiatan belajar anak di sekolah maupun di rumah. Siswa yang mendapat perhatian dari orang tua menjadikan mereka lebih termotivasi dalam belajar yang berdampak pada prestasi belajar dalam berbentuk nilai ualangan menjadi meningkat. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK Miftahul Ulum Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriftif. Populasinya 100 siswa kelas X dan XI Akuntansi dan TKJ, Sampelnya 50 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik random simple. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi telah terbukti validitas dan reabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier dan Uji Anova 2 jalur dengan jenis uji MANOVA.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menggunakan analisis uji regresi linear sederhana, (1) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa SMK Miftahul Ulum Samarinda. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai Fhitung > Ftabel yakni 35,171 > 4,040 Ftabel dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMK Miftahul Ulum Samarinda. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai Fhitung > Ftabel yakni 10.786 > 4,040 Ftabel dengan tingkat signifikasi 0,002 < 0,05. (3) Dari tabel output uji Multivariate menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa H0 di tolak dan Ha diterima sehingga menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikansi antara perhatian orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK Miftahul Ulum Samarinda.