Perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran jigsaw dan inkuiri pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Plus Salsabila
Abstract
ABSTRAK
Sabila Fitriah Wahdini, 1811101244, “Perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran jigsaw dan inkuiri pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Plus Salsabila. Skripsi, program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian skripsi ini dibawah bimbingan bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag selaku pemimbing I dan bapak Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang kurang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, salah satu faktor yang mempengaruhi kurang berperan aktifnya siswa dalam pembelajaran adalah cara guru menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri, yang mana siswa belum mampu menyerap dan memahami materi secara maksimal, bagaimana cara mereka memahami apa yang disampaikan oleh guru kemudian cara mereka menanggapi pembelajaran yang telah disampaikan. Untuk itu peneliti ingin melakukan eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran lain yaitu dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran jigsaw dan inkuiri pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Plus Salsabila.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 19 orang. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa soal yang telah terbukti validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan Teknik analisis data berupa uji prasyarat yaitu, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dan data tersebut telah memenuhi syarat normalitas dan homogen.
Berdasarkan hasil perhitungan analisis menunjukkan bahwa dari uji hipotesis pada uji t ialah 𝑡 ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 1,464 < 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒l 1.739, maka dapat disimpulkan bahwa 𝐻𝑜 ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dan model pembelajaran inkuiri.