Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kutai Kartanegara Tenggarong
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Najibur Rifqi Shahibul Wudda Atqiya, “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kutai Kartanegara Tenggarong” 2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Dalam Penelitian dibimbing oleh bapak Gianto, M.Pd.I selaku pembimbing I dan ibu Yunita Noor Azizah, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini masih terdapat siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Kutai Kartanegara Tenggarong yang kurang mampu dalam memahami mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan hasil belajarnya dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum. Oleh karena itu peneliti menerapkan metode mind mapping. Metode mind mapping memiliki keunikan tersendiri, metode tersebut menggunakan kemampuan otak kiri dan otak kanan pada saat menerima pembelajaran. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui seberapa berpengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan (field research) dengan menggunakan metode eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria mata pelajaran SKI kelas X IPA 1 (30 siswa) dan X IPA 2 (30 siswa) diajarkan dengan guru yang sama, jumlah siswa yang sama, serta memiliki kecenderungan kemampuan memahami materi pelajaran dengan baik dan sama. Jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji ngain.
Hasil penelitian ini, diperoleh bahwa nilai signifikansi akhir sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat kita simpulkan bahwa ada pengaruh pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode mind mapping. Dengan demikian, hipotesis alternatif Ha yang diajukan dinyatakan diterima Ho ditolak. Dalam penelitian ini besarnya pengaruh pembelajaran menggunakan metode mind mapping adalah sebesar 56,2% dengan kriteria “cukup”. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, pembelajaran menggunakan metode mind mapping berpengaruh meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 2 Kutai Kartanegara Tenggarong.