Show simple item record

dc.contributor.authorChusniah, Nila
dc.date.accessioned2022-12-01T02:12:05Z
dc.date.available2022-12-01T02:12:05Z
dc.date.issued2022-09-16
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2127
dc.description.abstractABSTRAK Nila Chusniah, 2022. “Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 006 Sepaku. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag dan Syatria Adymas Pranajaya, S,Pd., M.S.I Latar belakang penelitian ini adalah penerapan pemberian reward di sekolah memberikan dampak atau perubahan pada peserta didik, dengan adanya perubahan semangat belajar pada peserta didik tersebut diharapkan dapat membuahkan hasil terhadap hasil belajar yang baik pada peserta didik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 006 Sepaku dan seberapa besar pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 006 Sepaku. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dalam memperoleh data penelitian. Adapun populasinya berjumlah sebanyak 170 peserta didik dan untuk menentukan sampel menggunakan rumus Slovin dengan teknik Systematic Random Sampling sehingga yang menjadi sampel berjumlah 63 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Angket yang diberikan kepada responden atau peserta didik, setelah data diperoleh maka akan diuji validitas, reliabilitasnya dan uji prasyaratnya, kemudian untuk menganalisa data menggunakan rumus korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data uji korelasi Product Moment diperoleh nilai pearson correlation dari variabel X dan variabel Y sebesar 0,271, kemudian interprestasi nilai “r” terletak diantara 0,20-0,399 yang berarti variabel X (reward) dan variabel Y (hasil belajar) terdapat tingkat pengaruh rendah dan hipotesis diterima. Kemudian nilai signifikansi diperoleh thitung 2,200 > ttabel 1.66940, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X (reward) dan Y (hasil belajar). Adapun hasil nilai kontribusi koefisien determinasi atau besar sumbangan pengaruh dari reward sebesar 7,3% dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 006 Sepaku dan 92,7% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPemberian Reward, Hasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 006 Sepakuen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record