Show simple item record

dc.contributor.authorSholihin, Alwi Anwar
dc.date.accessioned2022-12-01T02:26:41Z
dc.date.available2022-12-01T02:26:41Z
dc.date.issued2022-10-10
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2128
dc.description.abstractABSTRAK Alwi Anwar Sholihin. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Nilai Kedisiplinan Siswa pada Pembelajaran Pasca Sekolah Daring di SMAN 6 Balikpapan”. 2022 skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Universitas Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Iwan Abdi M.SI sebagai pembimbing I dan ibu Yunita Noor Azizah M.Pd.I sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi karena menurunnya beberapa kedisiplinan siswa pasca sekolah daring ini. Kedisiplinan merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan dan kesetiaan pada aturan. Disiplin ini juga merupakan sebuah proses yang harus dilakukan oleh siswa, seperti siswa datang ke sekolah tepat waktu, siswa mengerjakan tugas tepat waktu, siswa tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, siswa berprilaku sopan dan santun, siswa berani untuk mengemukakan pendapat saat pembelajaran, dengan seperti itu tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Kedisiplinan siswa menjadi sebuah tugas besar terhadap guru yang mana pasca sekolah daring ini kedisiplinan menjadi hal yang sepele. Maka dari itu guru diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan pada diri siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 6 Balikpapan yang mana sekolah tersebut mempunyai misi menyiapkan sumber daya manusia yang berkompeten. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif diperlukan untuk memperoleh pemahaman tentang bagaimana peran guru dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan. Pengumpulan data akan menggunakan observasi, wawancara kepada kepala sekolah, guru PAI dan siswa SMAN 6 Balikpapan dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, teknik, dan data. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan siswa pada pembelajaran pasca sekolah daring di SMAN 6 Balikpapan yaitu sangat besar dan berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa, kemudian tergambar saat proses pembelajaran berupa peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai model dan teladan, serta peran guru sebagai evaluator. Dengan peran tersebut guru menggunakan berbagai macam metode pembelajaran yang efektif, guru membimbing, memotivasi dan mengarahkan siswa, guru menerapkan dan mencontohkan pribadi yang baik, dan guru tidak hanya menilai akademis akan tetapi juga menilai dari pribadi, sikap dan tingkah laku siswa agar lebih efektif dalam menanamkan kedisiplinan kepada siswa.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectGuru Pendidikan Agama Islam, Nilai Nilai Kedisiplinan, Siswaen_US
dc.titlePeran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Nilai Kedisiplinan Siswa pada Pembelajaran Pasca Sekolah Daring di SMAN 6 Balikpapanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record