Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) 1 Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara
Abstract
ABSTRAK
Ulpah, 2022, “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) 1 Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Suratman, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Rumainur, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi orang tua siswa yang kurang memperhatikan pendidikan anaknya, seperti mereka acuh tak acuh terhadap anaknya, tidak memperhatikan sama sekali akan kepentingan-kepentingan dan kebutuhan-kebutuhan anaknya dalam belajar, tidak melengkapi alat belajarnya, tidak memperhatikan apakah anak belajar atau tidak, tidak tau bagaimana kemajuan belajar anaknya, kesulitan-kesulitan yang dialami belajar, sehingga menyebabkan anak kurang berhasil dalam belajarnya. Rumusan penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa di sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 1 muara muntai kabupaten kutai kartanegara. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar pada pelajaran pendidikan agama islam siswa di sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 1 muara muntai kabupaten kutai kartanegara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Muara Muntai yang berjumlah 187 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 65 siswa. Adapun untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Kemudian data di analisis dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis dan uji Koefisien determinasi.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan terdapat bahwa antara pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar pada pelajaran pendidikan agama islam siswa di sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 1 muara muntai kabupaten kutai kartanegara. Hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh angka sebesar 0,432, maka nilai interval berada skala anatara 0,40 s/d 0,59 yaitu “cukup tinggi atau sedang”. Adapun besar sumbangsi Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 18,66% dan sisanya dipengaruhi variabel lain. Kemudian di lihat dari t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 3,800 > 1,669. Artinya hipotesis diterima.