Show simple item record

dc.contributor.authorFitriani, Marni
dc.date.accessioned2022-12-01T03:13:21Z
dc.date.available2022-12-01T03:13:21Z
dc.date.issued2022-10-07
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2134
dc.description.abstractABSTRAK Marni Fitriani, “Implementasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Samarinda, 2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Marniati Kadir, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Rega Armella, M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah pada proses pembelajaran penggunaan media sangat dibutuhkan untuk mempermudah interaksi guru dan siswa, salah satunya yaitu media pembelajaran Google Classroom. Implementasi Google Classroom menjadi salah satu alternatif dalam menjawab persoalan dan tantangan pembelajaran di kelas, seperti terbatasnya waktu tersedia di dalam kelas, kurangnya waktu berdiskusi, dan terbatasnya waktu untuk mengoreksi tugas siswa. Pentingnya penggunaan Google Classroom juga sebagai salah satu media yang digunakan guru untuk mengurangi penggunaan kertas (paperless). Oleh karena itu, alasan peneliti mengambil penelitian ini karena untuk mengetahui implementasi Google Classroom, faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi Google Classroom dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Samarinda. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Samarinda dengan informan kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui kodifikasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data terhadap hasil penelitian dengan uji kredibilitas data dengan menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai implementasi Google Classroom dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Samarinda, peneliti menyimpulkan bahwa guru melakukan tahapan-tahapan dalam pembelajaran dengan menggunakan Google Classroom. Tahap perencanaan pembelajaran, guru membuat kelas Google Classroom pada masing-masing kelas. Tahap pelaksanaan pembelajaran, guru membagikan materi pelajaran melalui Google Classroom. Tahap evaluasi pembelajaran, guru membuat alat ukur pembelajaran dan membagikan melalui Google Classroom. Faktor pendukung yaitu mudah diakses, berkolaborasi dengan layanan Google lainnya, dan sarana prasarana yang mendukung, faktor penghambat yaitu konektivitas jaringan internet kurang stabil, server down, dan paket data (kuota).en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectImplementasi, Google Classroom, Pembelajaran Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titleImplementasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Samarinda, 2022.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record