dc.description.abstract | ABSTRAK
Sofia Gina Aisyah, 2022. “Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al Misra Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.SI dan Abdul Basith, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti, kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, hal ini dikarenakan beberapa faktor, seperti pembelajaran yang monoton, dan suasana kelas yang hening dapat membuat peserta didik mengantuk sehingga tidak semangat mengikuti pembelajaran.. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti masalah tersebut. Dan dipadukan dengan metode reward yang dapat membantu membangkitkan semangat dan keaktifan belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian reward terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al Misra Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini keseluruhan peserta didik di MTs Al Misra Samarinda, dengan sampel kelas 7B dan 8A yang dimana sampel ini didapatkan berdasarkan observasi awal peneliti sesuai dengan masalah yang terdapat dalam judul penelitian. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji t tes dan uji determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel x (pemberian reward) terhadap variabel y (keaktifan belajar).
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pemberian reward terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhak di MTs Al Misra Samarinda yang dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t tes. Dan dari uji koefisien determinasi memperoleh hasil (R Square) sebesar 0,026 yang berarti pengaruh pemberian reward terhadap keaktifan belajar sebesar 2,6%. | en_US |