Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Farmasi Samarinda
Abstract
Riandini Safitri NIM: 1411010144, “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Farmasi Samarinda” Tahun Ajaran 2018. Pembimbing I Dr.H. Akhmad Bukhari, M.Ag, dengan Drs. Khairul Saleh, M.Ag sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemajuan teknologi modern sekarang sangat mempengaruhi dunia pendidikan. Khususnya dalam penggunaan media audio visual memang telah banyak di gunakan didalam pembelajaran karena di anggap sangat membantu, efektif, dan efesien. Dalam pembelajaran sekarang ini setiap guru juga di wajibkan menggunakan media pembelajaran pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar di lihat dari RPP kurikulum 2013 setiap guru harus mencantumkan media yang akan di gunakan. Di SMK Farmasi khususnya guru dalam pembelajarannya telah menyediakan fasilitas penunjang atau alat yang dapat di pakai untuk media pembelajaran. adanya penggunaan media audio visual dalam proses belajar mengajar pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Farmasi Samarinda khususnya pada jurusan keperawatan. Dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama islam diharapkan proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media audio visual terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam di SMK Farmasi Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMK Farmasi Samarinda yang berjumlah 582 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX jurusan keperawatan yang berjumlah 66 siswa yang mata pelajaran pendidikan agama islam menggunakan audio visual. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik angket, dokumentasi, dan observasi. Dalam keabsahan data di gunakan uji validitas yang di ketahui instrument yang valid sebanyak 12 butir soal dan sementara teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistic korelasi product moment.
Dari analisa yang telah dilakukan mengenai pengaruh penggunaan audio visual terhadap hasil belajar pendidikan agama islam di SMK Farmasi Samarinda diketahui bahwa hasil penghitungan korelasi product moment diperoleh angka sebesar 0,885. Angka tersebut terdapat pada interval pada nilai 0,80 s/d 1,000. Berdasarkan angka interprestasi, tersebut terdapat korelasi yang sangat kuat, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat pada penggunaan audio visual terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam di SMK Farmasi Samarinda yaitu sebesar 0,885. Kemudian dilihat dari t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 15,646 > 1,66864 dapat disimpulkah bahwa hipotesis yang peneliti ajukan diterima yaitu “Terdapat pengaruh”