dc.description.abstract | ABSTRAK
Yogi Prasyetia, 2022, “Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Kaligrafi Siswa Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Kaligrafi Siswa Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong “ dan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui strategi pembelajaran apa saja yang diterapkan dalam menulis ayat-ayat Al-Quran di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pada pelaksanaan model pembelajaran di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi: 1) Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif 2) Subjek penelitian ini adalah Guru kaligrafi dan siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong 3) Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. 4) Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran kaligrafi yang tepat dapat menjadikan pembelajaran menulis kaligrafi yang efektif dan efisien, membuat siswa paham dan mengerti cara menulis kaligrafi dengan mudah seperti yang telah diajarkan di kelas menggunakan startegi-strategi pembelajaran yang digunakan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong. Di dalam implementasi strategi pembelajaran kaligrafi ini guru akan mampu mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa atau lebih ke ranah psikomotorik.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Kaligrafi, Metode | en_US |