Show simple item record

dc.contributor.authorCahaya, Putri Intan
dc.date.accessioned2022-12-02T07:50:57Z
dc.date.available2022-12-02T07:50:57Z
dc.date.issued2022-09-16
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2146
dc.description.abstractABSTRAK Putri Intan Cahaya, 2022. “Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Dan Keberhasiln Belajar Siswa Di MTs Negeri 1 Kutai Kartanegara. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.” Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI dan Bapak Abdul Basith, M.Pd. Disekolah sering timbul permasalahan dan pemahaman yang berbeda yang diserap oleh peserta didik hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari teman sebaya pada perilaku sosial dan keberhasilan belajar siswa. Untuk itu ketika proses pembelajaran berlangsung agar dapat bersikap baik pada teman dan bias meningkat keberhasilan Ketika proses pembelajaran berlangsung agar dapat bersikap baik pada teman dan bisa meningkat keberhasilan dalam belajar. Dalam pembelajaran guru perlu melakukan inovasi dengan cara yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh teman sebaya terhadap perilaku sosial di MTs Negeri 1 Kutai Kartanegara dan seberapa besar pengaruh teman sebaya terhadap keberhasilan belajar siswa di MTs Negeri 1 Kutai Kartanegara Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang mengambil tempat di MTs Negeri 1 Kutai Kartanegara. Pengumpulan data melalui penyebaran instrumen angket atau kuesioner dan dokumentasi. Populasi berjumlah 404 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling diperoleh sampel 93 siswa. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Dan Keberhasiln Belajar Siswa Di MTs Negeri 1 Kutai Kartanegara diperoleh dari data pertama koefisien determinasi nilai R = 0,829 dan diformulasikan dalam bentuk presentase koefisien determinasi diperoleh besar pengaruh teman sebaya terhadap perilaku sosial yaitu sebesar 68,7% dan hasil perhitungan uji t dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05 yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan sangat kuat atau sangat besar pengaruh positif teman sebaya terhadap perilaku sosial siswa di MTs Negeri 1 Kutai Kartanegara. Hasil analisis data kedua koefisien determinasi nilai R = 0,647 dan diformulasikan dalam bentuk presentase koefisien determinasi diperoleh besar pengaruh teman sebaya terhadap perilaku sosial yaitu sebesar 41,9% dan hasil perhitungan uji t dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05 yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan kuat atau berpengaruh positif teman sebaya terhadap keberhasilan belajar siswa di MTs Negeri 1 Kutai Kartaenagara.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectTeman Sebaya, Perilaku Sosial Dan Keberhasiln Belajaren_US
dc.titlePengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Dan Keberhasiln Belajar Siswa Di MTs Negeri 1 Kutai Kartanegaraen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record