Show simple item record

dc.contributor.authorALEXANDREAN, ALEXANDREAN
dc.date.accessioned2022-12-05T06:55:59Z
dc.date.available2022-12-05T06:55:59Z
dc.date.issued2022-05-23
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2151
dc.description.abstractABSRAK ALEXANDREAN, 2022. “Implementasi Kegiatan Halaqah Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Kelas VII Putra Di SMP Islam Terpadu (IT) Corodva Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr. Zamroni, M. Pd selaku pembimbing I dan Bapak Muhammad Ridho Muttaqin, M.Pd selaku pembimbing II. Kegiatan Halaqah merupakan salah satu program yang dilakaukan oleh SMP (IT) Cordova Samarinda sebagai upaya pembinaan akhlak kepada seluruh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kegiatan halaqah dalam membina akhlak peserta didik serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kegiatan halaqah dalam membina akhlak peserta didik kelas VII Putra di SMP Islam Terpadu (IT) Cordova Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kualitatif. Pengumpulan datadata diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, Pembina, wali kelas VII dan 10 siswa. Pemeriksaan keabsahan data melalui teknik observasi dan triangulasi berkelanjutan, yaitu triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan model interaktif seperti pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data,dan penarikan simpulan. Berdasarkan Hasil Penelitian dan Pembahasan yaitu Untuk pelaksanaan kegiatan halaqah dilaksanakan wajib bagi seluruh siswa/siswi SMP IT Cordova, dan untuk waktu dan tempat pelaksanaan disepakati bersama antara pembina dan siswa/siswi. Adapun beberpa rangkaian kegiatan yaitu pembukaan, tilawah AlQur’an secara bergilir, penyampaian materi, tanya jawab/diskusi, setelah itu pemberian soal yang diberikan pembina kepada peserta didik untuk mengukur pemahaman mereka, dan rangaian terakhir adalah penutup. Adapun indikator capaian akhlak selama kegiatan pembelajaran yang akan dicapai adalah bagaimana siswa bisa berprilaku hormat/takzim, disiplin, jujur, adil, murah hati. Dari ke 5 indikator tersebut upaya yang akan dilakukan adalah melalui penyampaian materi-materi yang berkaitan dan melalui pembiasaan atau praktek. faktor pendukung kegiatan halaqah dalam membina akhlak peserta kelas VII Putra adalah adanya dukungan dari orang tua peserta didik yang ikut mendukung serta memantau pelaksanaan kegiatan halaqah, kemudia faktor pendukung yang lainnya adalah adanya dukungan fasilitas dari pihak sekolah baik dari sarana dan prasarananya. Untuk faktor penghambat dari kegiatan ini adalah ada beberpa siswa yang masih lambat atau masih memerlukan waktu untuk menangkap atau mengaplikasikan materi yang telah disampaikan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectImplementasi, Kegiatan Halaqah, Akhlak, Peserta Didiken_US
dc.titleImplementasi Kegiatan Halaqah Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Kelas VII Putra Di SMP Islam Terpadu (IT) Corodva Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record