Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa MTs Al-Mujahiddin 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Santi, 2022. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa MTs Al-Mujahiddin 2 Samarinda”. Program Studi Pendidikan Islam. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penulisan Skripsi ini dibawah bimbingan Rusdi, S.,Ag, M.SI, selaku pembimbing I dan Amalia Nur Ain, M. Pd, selaku pembimbing II.
Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa, meningkatkan kreativitas berfikir dan membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran di dalam kelas. Model pembelajaran ini di latar belakangi dengan permainan (tournament), kerja sama, berkelompok 4 – 5 orang, dimana model pembelajaran ini dilakukan dengan berlomba-lomba mendapatkan skor tertinggi, sehingga nantinya akan mendapatkan penghargaan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivits penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dalam meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa MTs Al-Mujahiddin 2 Samarinda.
Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk desain non-valent control grub design . Adapun populasi sample pada penelitian ini yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen sebanyak 17 siswa dan VIIB sebagai kelas kontrol sebanyak 18 siswa yang dilaksanakan di MTs AlMujahiddin 2 Samarinda. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data menggunakan uji t atau disebut dengan uji paired sample t-test dan data sudah memenuhi syarat normalitas dan homogenitas. Penelitian ini dilakukan dengan pemberian pre-test dan post-test, sebagai alat ukur untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa ketika menggunakan model teams game tournament (TGT) dengan model pembelajaran konvensional
Berdasarkan hasil uji t paired sample t test terdapat nilai sig (2-tailed) dengan nilai yaitu 0,000 dengan nilai signifikansi, dimana 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa pada materi thaharah yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran teams game tournament (TGT) pada kelas VIIa sebagai kelas eksperiemen dengan siswa kelas VIIb sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakukan dengan model teams game tournament (TGT). Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dinyatakan diterima bahwa terdapat perbedaan terhadap model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa.