Show simple item record

dc.contributor.authorWardah, Nuril Hafizh
dc.date.accessioned2022-12-06T00:42:26Z
dc.date.available2022-12-06T00:42:26Z
dc.date.issued2022-09-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2155
dc.description.abstractABSTRAK Nuril Hafizh Wardah, 2022. “Implementasi Literasi Digital Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, penelitian ini di bimbing oleh Bapak Dr. Zamroni, M.Pd sebagai pembimbing pertama dan Ibu Rega Armella, M.Pd sebagai pembimbing kedua. Era digital saat ini, telah menuntut dunia pendidikan untuk bias beradaptasi dengan cepat. Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini maka proses pembelajaran dituntut untuk mengikuti perkembangan IPTEK dengan memahami dan mempelajari dunia digital agar terciptanya suasana belajar yang baik dan efektiv. Serta mampu mendorong kemampuan peserta didik dalam hal kreativitas secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi literasi digital pada pembelajaran Akidah Akhlak dan faktor pendukung serta faktor penghambat atas dilaksanakannya literasi digital pada pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif, sumber data pada penelitian ini yaitu kepala Madrasah MAN 2 Samarinda, guru mata pelajaran Akidah akhlak serta peserta didik di MAN 2 Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan terhadap data hasil penelitian dengan kreadibilitas dengan teknik triangulasi sumber data. Adapun teknik analisis data yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Samarinda, memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan media berbasis digital yang telah disediakan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan kemampuan literasi digital peserta didik dan guru dalam menggunakan media digital seperti internet, buku digital, E-book, laptop/komputer, dan Handphone. Serta menggunakan apilkasi seperti WhatsApp, Youtube, Google Classroom, E- learning Madrasah, Google Form dan Quiziz. Dalam proses implementasi literasi digital dalam pembelajaran Akidah Akhlak ini terdapat beberapa tahapan yang dilaksanakan yaitu pertama, tahap perencanaan guru menyiapkan RPP sesuai dengan tujuan pembelajaran. Kedua, tahap pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan literasi digital yang dibutuhkan untuk memaksimalkan pembelajaran. Ketiga, tahap evaluasi dengan memberikan tugas kepada peserta didik. Adapun faktor pendukungnya adalah pihak sekolah memang telah memfasilitasi dengan baik teknologi digital seperti komputer, LCD, dan Wifi serta diberikannya subsidi paket data sebesar 10 GB untuk peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jaringan internet yang kurang stabil, kurangnya disiplin waktu, dan peserta didik yang yang kurang mampu memanfaatkan teknologi.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectLiterasi Digital, Pembelajaran, Akidah Akhlaken_US
dc.titleImplementasi Literasi Digital Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record