Korelasi Keaktifan Berorganisasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Lailatul Mahmudah, 2022. “Korelasi Keaktifan Berorganisasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Pelaksanaan penelitian dibimbing oleh Drs. Darwis, M.SI sebagai pembimbing I dan Rega Armella, M.Pd pembimbing II.
Latar belakang penelitian yaitu pentingnya berorganisasi untuk mengasah keterampilan serta mengembangkan potensi mahasiswa. Keaktifan dalam berorganisasi ditemukannya beberapa masalah yang dapat mengganggu prestasi belajar mahasiswa seperti tidak maksimal dalam mengerjakan tugas dan ketinggalan mata kuliah sehingga berpengaruh terhadap penurunan prestasi belajar mahasiswa. Di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris ditemukannya asumsi yang berbeda mengenai hubungan keaktifan berorganisasi dengan prestasi belajar. Hasil survei awal yang dilakukan, sebanyak 31 responden mahasiswa FTIK didapatkan bahwa 71% (22 Mahasiswa) beranggapan aktif berorganisasi tidak menurunkan prestasi belajar dan sebanyak 29% (11 Mahasiswa) beranggapan aktif berorganisasi menurukan prestasi belajar. Tujuan penelitian ialah untuk melihat bagaimana bentuk hubungan dari keaktifan berorganisasi dengan prestasi belajar, signifikansinnya, serta agar mengetahui sumbangsih keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar Mahasiswa Faklutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda.
Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan pengumpulan data dengan menggunakan bentuk angka-angka. Jenis penelitian ialah korelasional yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan diantara variabel. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah analisis korelasi sederhana, analisis signifikansi korelasi serta koefisien determinasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ialah terdapat hubungan yang kuat dan positif serta signifikan antara keaktifan berorganisasi dengan prestasi belajar mahasiswa, dibuktikan dengan perolehan hasil analasis korelasi sebesar 0,600 dan sig. sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dinyatakan semakin tinggi tingkat keaktifan berorganisasi maka semakin meningkat prestasi belajar Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UINSI Samarinda. Sumbangsih keaktifan berorganisasi dengan prestasi belajar sebesar 36% dan sisanya diberikan sumbangsih dari faktor lainnya sebesar 64%.