Implementasi Pembinaan Moral Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Di Sdn 009 Tenggarong Seberang
Abstract
Donny rismawan.”Implementasi Pembinaan Moral Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Di Sdn 009 Tenggarong Seberang”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Ditulis dibawah bimbingan Bapak Zamroni, M.Pd sebagai pembimbing I dan Bapak Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing II.
Pembinaan moral bagi siswa sangat penting untuk menunjang kreativitas siswa dalam mengemban pendidikan di sekolah dan menumbuhkan karakter siswa yang diharapkan bangsa dan negara. Pada hakekatnya pembinaan moral siswa merupakan sebuah aspek yang sangat sentral dalam pendidikan. Keberadaan pembinaan moral dimulai sejak dini, sehingga dalam hal ini sudah menjadi suatu keharusan yang harus dilakukan untuk perbaikan sikap maupun moral siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembinaan moral peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama islam kelas v di sdn 009 tenggarong seberang
Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sumber data diperoleh dari beberapa sumber diantaranya adalah kepala sekolah, guru agama, dan wali kelas V di SDN 009 Tenggarong Seberang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis data interaktif, yaitu: (1) Pengumpulan Data, (2) Reduksi Data, (3) Penyajian Data/Display Data, dan (4) Penarikan Kesimpulan/Verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran PAI di SDN 009 Tenggarong Seberang memiliki peranan penting dalam pembinaan moral siswanya. Metode yang digunakan dalam pembelajaran tersebut melalui metode praktek langsung dan pembiasaan, yang mana setelah menjelaskan materi anak-anak diajak untuk langsung mempraktekkan materi tersebut. Metode ini dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan dan memudahkan anak-anak dalam memahami dan meningkatkan moral.