Pengaruh Penerapan Metode Iqra‟ Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur‟an di SMP 3 Negeri Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Yovita Reski, 2022. Pengaruh Penerapan Metode Iqra‟ Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur‟an di SMP 3 Negeri Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Iskandar, M. Ag. sebagai pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M. Pd. I sebagai pembimbing II.
Berdasarkan latar belakang penelitian ini diketahui bahwa kemampuan membaca al-Qur’an di SMP Negeri 3 Samarinda tergolong rendah disebabkan masih banyak siswa yang tidak mampu membaca al-Qur’an dengan baik. Kurangnya membaca al-Qur’an dengan baik perlu diperbaiki melalui metode atau cara yang mudah untuk dilaksanakan seperti metode iqra’. Metode ini mudah dilaksankan karena dimulai dari tahapan yang dasar sehingga tidak memberatkan untuk peserta didik yang sedang belajar membaca al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh penerapan metode iqra terhadap kemampuan membaca al-Qur’an di SMP Negeri 3 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi seluruh siswa yang mengikuti ekskul membaca iqra’ sebanyak 38 siswa. Peneliti mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel karena jumlah responden kurang dari 100 orang sehingga jenis penelitian ini disebut penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, angket dan dokumentasi. Data ini dianalisis dengan statistik deskriptif dengan menggunakan aplikasi SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penerapan metode Iqra’ terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa SMP Negeri 3 Samarinda yang menggunakan rumus korelasi. Diketahui bahwa korelasi variabel X (Metode Iqra’) dengan variabel Y (kemampuan Membaca al-Qur’an) adalah sebesar 0,364. Berdasarkan nilai koefisien korelasi (r) = 0,364 bila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi r diantara 0,20 < r < 0,399 sehingga tingkat kategorinya termasuk rendah. maka terdapat pengaruh antara Metode Iqra’ terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa SMP Negeri 3 Samarinda, berarti dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Maka dapat dikatakan pengaruh terhadap kemampuan membaca al-Qur’an sebesar 13,3% berarti 86,7% dipengaruhi oleh faktor lain.