View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Penerapan Metode Iqra‟ Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur‟an di SMP 3 Negeri Samarinda

Thumbnail
View/Open
Yovita Reski.docx (15.26Kb)
Date
2022-09-22
Author
Reski, Yovita
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Yovita Reski, 2022. Pengaruh Penerapan Metode Iqra‟ Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur‟an di SMP 3 Negeri Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Iskandar, M. Ag. sebagai pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M. Pd. I sebagai pembimbing II. Berdasarkan latar belakang penelitian ini diketahui bahwa kemampuan membaca al-Qur’an di SMP Negeri 3 Samarinda tergolong rendah disebabkan masih banyak siswa yang tidak mampu membaca al-Qur’an dengan baik. Kurangnya membaca al-Qur’an dengan baik perlu diperbaiki melalui metode atau cara yang mudah untuk dilaksanakan seperti metode iqra’. Metode ini mudah dilaksankan karena dimulai dari tahapan yang dasar sehingga tidak memberatkan untuk peserta didik yang sedang belajar membaca al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh penerapan metode iqra terhadap kemampuan membaca al-Qur’an di SMP Negeri 3 Samarinda. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi seluruh siswa yang mengikuti ekskul membaca iqra’ sebanyak 38 siswa. Peneliti mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel karena jumlah responden kurang dari 100 orang sehingga jenis penelitian ini disebut penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, angket dan dokumentasi. Data ini dianalisis dengan statistik deskriptif dengan menggunakan aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penerapan metode Iqra’ terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa SMP Negeri 3 Samarinda yang menggunakan rumus korelasi. Diketahui bahwa korelasi variabel X (Metode Iqra’) dengan variabel Y (kemampuan Membaca al-Qur’an) adalah sebesar 0,364. Berdasarkan nilai koefisien korelasi (r) = 0,364 bila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi r diantara 0,20 < r < 0,399 sehingga tingkat kategorinya termasuk rendah. maka terdapat pengaruh antara Metode Iqra’ terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa SMP Negeri 3 Samarinda, berarti dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Maka dapat dikatakan pengaruh terhadap kemampuan membaca al-Qur’an sebesar 13,3% berarti 86,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2160
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [872]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV