Show simple item record

dc.contributor.authorHidayah, Nur
dc.date.accessioned2022-12-07T02:53:19Z
dc.date.available2022-12-07T02:53:19Z
dc.date.issued2022-09-15
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2165
dc.description.abstractABSTRAK Nur Hidayah, 2022. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMP Negeri 3 Samarinda”, Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, MA. selaku dosen pembimbing I dan Ibu Hajriana, M. Pd. Selaku dosen pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah masih didapati peserta didik yang bacaan al-Qur’annya masih belum lancar, bahkan ada yang dikategorikan belum bisa sama sekali. Penyebab dari kurang lancarnya peserta didik dalam membaca alQur’an diantaranya karena, kurangnya apresiasi orang tua terhadap anaknya mengenai pendidikan baca tulis al-Qur’an dan minimnya waktu pembelajaran PAI di dalam kelas. Dengan seperti itu strategi guru sangat diperlukan terutama guru PAI untuk mengatasi permasalahan peserta didik yang belum bisa dan belum lancar membaca al-Qur’an. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an siswa di SMP Negeri 3 Samarinda. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini ialah menggunakan sumber data primer dan sekunder, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti bahwa strategi yang dilakukan guru PAI untuk mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an yaitu strategi dalam proses pembelajaran PAI dan strategi dalam kegiatan ekstrakurikuler mengaji. Strategi dalam pembelajaran PAI diantaranya mengadakan placement test untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik, pengelompokkan belajar berdasarkan kemampuan membaca al-Qur’an, praktek pelafalan bacaan sesuai ilmu tajwid secara berulang-ulang dan pemberian tugas menonton video pembelajaran. Untuk strategi yang dilakukan guru PAI pada kegiatan ekstrakurikuler mengaji yaitu mengelompokkan berdasarkan kemampuan peserta didik dalam membaca al-Qur’an, melaksanakan strategi tutor sebaya, melaksanakan bimbingan khusus kepada peserta didik yang bacaan al-Qur’annya sangat rendah, melakukan praktek menulis al-Qur’an dan pemberian pengulangan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi, Guru, Pendidikan Agama Islam, Al-Qur’an, Siswaen_US
dc.titleStrategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMP Negeri 3 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record