Implementasi Khiyar Ta‟yin pada Transaksi Pembelian Produk Flash Sale Secara Online (Studi pada Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Pengguna Marketplace Tiktok Shop)
Abstract
ABSTRAK
Saripatul Hikmah, 2022. “Implementasi Khiyar Ta‟yin pada Transaksi Pembelian Produk Flash Sale Secara Online (Studi pada Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Pengguna Marketplace Tiktok Shop). Skripsi, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Jurusan Muamalah, Fakultas Syariah (FASYA), Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Bambang Iswanto, M.H selaku dosen pembimbing I dan Akhmad Sofyan, S.H.I., M.H selaku pembimbing II.
Dalam transaksi jual beli online informasi terkait produk adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh konsumen baik itu informasi dari penjual atau pihak lain, hal tersebut dijabarkan dalam bentuk khiyar ta‟yin. Saat ini kolom testimoni dan komentar user sebelumnya banyak digunakan oleh konsumen untuk mencari informasi. Namun masih ada konsumen yang merasa tertipu dalam hal kualitas produk meskipun telah menggunakan informasi tambahan. Dengan rumusan masalah yaitu pertama bagaimana implementasi khiyar ta‟yin dalam transaksi pembelian produk flash sale secara online pada marketplace TikTok shop menurut tinjauan fikih muamalah, kedua bagaimana pandangan mahasiswa Fakultas Syariah terhadap testimoni dan komentar user sebagai referensi dalam mencari informasi produk yang akan dibeli. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi khiyar ta‟yin dalam transaksi pembelian produk flash sale secara online pada marketplace TikTok shop menurut tinjauan fikih muamalah, dan untuk mengetahui pandangan mahasiswa Fakultas Syariah terhadap testimoni dan komentar user sebagai referensi dalam mencari informasi produk yang akan dibeli oleh konsumen.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan normatif empiris, dengan sumber data primer yaitu hasil wawancara kepada 20 mahasiswa Fakultas Syariah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dan data sekunder terdiri dari kitab Fikih Muamalah, Kitab Bulughul Maram, dan Kitab tafsir Ibnu Katsir, jurnal, artikel ilmiah, serta karya ilmiah lainnya. Data tersebut diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data-data tersebut penulis analisis dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi khiyar ta‟yin pada transaksi pembelian produk flash sale pada marketplace TikTok shop, belum sepenuhnya sesuai dengan fikih muamalah kerena pedagang dan pembeli belum mengetahui tentang khiyar ta‟yin sehingga bentuk pelaksanaan khiyar ta‟yin yang dilakukan oleh penjual dan pembeli terjadi dengan sendirinya dengan etika bisnis untuk mencapai kemaslahatan yang berbentuk unsur kerelaan antara pedagang dan pembeli, dan dari hasil wawancara masih terdapat beberapa kasus konsumen yang merasa tertipu, maka berangkat dari hal tersebut deskripsi produk, testimoni dan komentar masih terdapat unsur gharar di dalamnya dan bisa menimbulkan mafsadah kepada konsumen lainnya.