Pengaruh Strategi Debat Aktif Terhadap Hasil Belajar Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 36 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nadia Sasmaya Putri, 2022. “Pengaruh Strategi Debat Aktif Terhadap Hasil Belajar Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 36 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd dan Yunita Noor Azizah, M.Pd. I.
Latar belakang penelitian ini adalah beragamnya latar belakang siswa yang berasal dari berbagai kalangan, baik latar belakang lingkungan tempat tinggal maupun pendidikan orang tua. Pada saat pembelajaran keaktifan siswa mulai menurun, terlebih lagi selama pandemi, pembelajaran dilakukan dari rumah atau daring, banyak siswa yang malas pada saat belajar, karena kurangnya minat dan semangat siswa, terutama pada saat diskusi berlangsung, masih banyak siswa yang takut dalam menyampaikan pendapatnya. Dari kejadian tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI mengalami penurunan, maka dari itu, peneliti merasa terdorong untuk mengadakan penelitian dengan strategi debat aktif, yang harapannya agar siswa dapat aktif pada saat pembelajaran, tidak mudah ngantuk atau bosan pada waktu belajar, dan juga dapat meningkatkan semangat belajar. Sehingga siswa akan mendapatkan hasil belajar yang sesuai dan mencapai KKM. Strategi debat aktif juga dapat menjadi dorongan bagi siswa untuk mengeluarkan ide gagasan dalam perdebatan antar kelompok di dalam kelas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam strategi debat aktif terhadap hasil belajar kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 36 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode eksperimen. Eksperimen digunakan untuk menjelaskan dan meramalkan yang akan terjadi pada suatu variable apabila diberikan suatu perlakuan tertentu pada variabel lainnya. Jenis desain yang digunakan adalah “Pre-test – Post-test Control Group Design”.
Hasil yang dapat di peroleh dari penelitian ini adalah berdasarkan pengujian hipotesis dengan paired sample t-test menggunakan Software SPSS 22 for Windows di peroleh nilai signifikansi akhir sebesar 0,000 < 0,05. Yang artinya data tersebut menunjukan bahwa adanya pengaruh pada hasil belajar siswa, serta adanya perbedaan yang signifikan antara nilai dari kelas eksperimen dengan menggunakan strategi debat aktif dan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi kelompok. Maka hipotesis alternative (Ha) yang di ajukan di nyatakan di terima bahwa terdapat pengaruh strategi debat aktif terhadap hasil belajar kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 36 Samarinda.