Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tenggarong Seberang
Abstract
ABSTRAK
Novi Justica Rofiyati, 2022, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tenggarong Seberang”. Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag selaku pembimbing I dan H. Susanto, LC, M.Pd.I. selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di dalam suatu lembaga pendidikan atau sekolah tentu ada permasalahan yang dilakukan peserta didik mengenai tingkah laku keseharian di sekolah. Contohnya, kurangnya sikap sopan dan santun terhadap guru dan teman sebaya, kurangnya kontrol diri dalam menyelesaikan masalah, dan kurangnya empati terhadap lingkungan sekitar sekolah. Dari permasalahan yang dilakukan siswa tersebut yang berperan penting dalam menyelesaikan permasalahan untuk menjadikan siswa memiliki sikap dan kontrol diri yang baik yaitu guru Pendidikan Agama Islam. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan self control siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Tenggarong Seberang, faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam meningkatkan self control siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tenggarong Seberang.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data di lapangan adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik yang digunakan dalam menguji keabsahan data yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian yang diperoleh dari wawancara ini menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan self control siswa yaitu, berperan sebagai motivator, director, inisiator, mediator, evaluator. Faktor pendukung dan penghambat peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan self control yaitu, faktor pendukung: kerjasama antar guru dan motivasi diri sendiri. Faktor penghambat: kurangnya kesadaran diri sendiri, lingkungan keluarga dan pergaulan lingkungan.