View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tenggarong Seberang

Thumbnail
View/Open
Novi Justica Rofiyati.docx (15.30Kb)
Date
2022-10-07
Author
Rofiyati, Novi Justica
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Novi Justica Rofiyati, 2022, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tenggarong Seberang”. Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag selaku pembimbing I dan H. Susanto, LC, M.Pd.I. selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di dalam suatu lembaga pendidikan atau sekolah tentu ada permasalahan yang dilakukan peserta didik mengenai tingkah laku keseharian di sekolah. Contohnya, kurangnya sikap sopan dan santun terhadap guru dan teman sebaya, kurangnya kontrol diri dalam menyelesaikan masalah, dan kurangnya empati terhadap lingkungan sekitar sekolah. Dari permasalahan yang dilakukan siswa tersebut yang berperan penting dalam menyelesaikan permasalahan untuk menjadikan siswa memiliki sikap dan kontrol diri yang baik yaitu guru Pendidikan Agama Islam. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan self control siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Tenggarong Seberang, faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam meningkatkan self control siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tenggarong Seberang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data di lapangan adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik yang digunakan dalam menguji keabsahan data yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian yang diperoleh dari wawancara ini menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan self control siswa yaitu, berperan sebagai motivator, director, inisiator, mediator, evaluator. Faktor pendukung dan penghambat peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan self control yaitu, faktor pendukung: kerjasama antar guru dan motivasi diri sendiri. Faktor penghambat: kurangnya kesadaran diri sendiri, lingkungan keluarga dan pergaulan lingkungan.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2173
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [872]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV