dc.description.abstract | ABSTRAK
Wardah Hafizd, 2022, Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Pai Ditinjau Dari Multiple Intelegensi Di Smp 4 Loa Kulu, Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Penelitian ini di bimbing oleh Ibu Dr. Hj. Robingati, M.Ag sebagai pembimbing 1 dan ibu Indriana rahmawati.M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini di latar belakangi oleh beragamnya karakteristik,bakat, dan juga kecerdasan setiap peserta didik. Pada dunia pendidikan seringkali guru hanya mempertimbangkan kecerdasan bahasa dan matematika tanpa mempertimbangkan kecerdasan lainnya. Terkadang anak dengan kecerdasan yang lain kurang di perhatikan. Howard gardner menyebutkan beraneka ragam kecerdasan biasa di sebut dengan multiple intelegence. Sehingga diperlukannya pembelajaran yang mengembangkan semua kecerdasan ( multiple intelegence ). Penelitian ini dilakukan di Smp negeri 4 loa kulu dengan tujuan mengetahui bagaimana analisis pelaksanaan pembelajaran pai di tinjau dari multiple intelegence di smpn 4 loa kulu.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode pengumpulan data penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode, sedangkan analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan.
Hasil penelitian Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka peneliti maka dapat disimpulkan bahwa analisis pelaksanaan pembelajaran PAI yang ditinjau dari multiple intelegensi ini guru melakukan berbagai kegiatankegiatan yaitu Kegiatan apresiasi Kegiatan apresiasi dan motivasi ini di gunakan guru untuk meningkatkan minat belajar siswa, sebelum memulai pembelajaran guru mengkondisikan suasana kelas dengan mengajak siswa bernyanyi, sholawat dan ice breaking. Lalu guru mengulang materi yang sudah di sampaikan. Terakhir guru menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan dan menggambarkan pembelajaran yang akan di mulai. Dan kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan yang mengembangkan kecerdasan multiple intekegensi. | en_US |