dc.description.abstract | ABSTRAK
Nanang Gazali, 2022. ―Persepsi Mahasiswa Tentang Mutu Pelayanan Administrasi Akademik di Sekolah Tinggi Agama Islam Sangata Kutai Timur‖. Tesis, Pascasarjana, Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muchammad Eka Mahmud, M. Ag, sebagai pembimbing I, dan Dr. Umar Fauzan, M. Pd., sebagai pembimbing II. Sekolah
Tinggi Agama Islam Sangata Kabupaten Kutai Timur sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi, sudah seharusnya melakukan pengendalian mutu berkenaan dengan aspek-aspek pelayanan penjaminan mutu yang telah ada, yang meliputi aspek-aspek di antaranya: sumber daya manusia, kurikulum program studi, mahasiswa, perencanaan studi, sarana dan prasarana, suasana akademik, keuangan, penelitian, publikasi, kerja sama, pengabdian terhadap masyarakat tata pamong, manajemen lembaga, sistem informasi dan lain sebagainya yang berkaitan dengan layanan yang disediakan oleh administrasi umum akademik. Proses penjaminan mutu pada salah satu tujuannya adalah mengajarkan pada pemenuhan kebutuhan stakeholder melalui penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mahasiswa merupakan bagian dari stakeholder yang perlu mendapatkan pemenuhan jaminan kualitas terhadap aspek-aspek tersebut, tidak terkecuali terhadap kepuasan (pelayanan prima) tentang layanan administrasi akademik di Sekolah Tinggi Agama Islam Sangata Kabupaten Kutai Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi mahasiswa tentang mutu pelayanan administrasi akademik di Sekolah Tinggi Agama Islam Sangata Kutai Timur.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif statistik deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa STAIS Kabupaten Kutai Timur yang berjumlah 169 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan angket, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan menghitung rumus, minimum, maksimum, mean, dan standar deviasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa tentang mutu pelayanan administrasi akademik melalui 5 indikator yaitu keandalan (realibility), tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), dan bukti fisik (tangibles), tentang kepuasan (pelayanan prima) mahasiswa. Rentang presentasi yang diperoleh adalah 47-52%, artinya dengan mutu pelayanan administrasi akademik yang diterima oleh mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Islam Sangata Kutai Timur, dapat dikatakan cukup puas | en_US |