Show simple item record

dc.contributor.authorAnsyari, Muhammad Zidane
dc.date.accessioned2022-12-09T02:03:17Z
dc.date.available2022-12-09T02:03:17Z
dc.date.issued2022-06-23
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2182
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad Zidane Ansyari, 2022. “Tingkat Pemahaman Moderasi Beragama Mahasiswa Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Tahun Akademik 2021-2022”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Bahrani, M.Pd. selaku pembimbing I dan Muhammad Khairul Rijal, M.Pd. selaku pembimbing II. Akhir-akhir ini semakin marak hadirnya problematika yang diisukan atas nama agama, tentu saja kemajemukan di Indonesia dapat menjadi sumber problematika tersebut kian berkembang. Dalam merespons hal tersebut, Kementerian Agama RI menghadirkan konsep moderasi beragama yang bukan hanya untuk melawan pahampaham/ideologi yang rusak, tapi juga ditujukan untuk mencegah berkembangnya dan lahirnya paham-paham tersebut. Moderasi beragama belakangan ini juga menjadi sorotan yang hangat di dunia pendidikan Indonesia, karena moderasi beragama telah dicantumkan pada kurikulum pendidikan sebagai upaya pengarusutamaannya. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda adalah salah satu PTKIN yang ikut andil dengan menghadirkan moderasi beragama sebagai mata kuliah khusus (isolated subject). Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat pemahaman moderasi beragama mahasiswa Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda tahun akademik 2021-2022. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian ini ialah mahasiswa Ma’had Al-Jami’ah angkatan 2021 yang sedang menetap di asrama dengan banyaknya 123 mahasiswa, penentuan sampling dengan menggunakan sampling purposive, yakni sampel dipilih secara khusus sesuai dengan kebutuhan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan statistik deskriptif dengan berbasis pada nilai Mean sebagai analisisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman moderasi beragama mahasiswa Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda tahun akademik 2021-2022 memiliki nilai rata-rata sebesar 3.7 atau berada pada kategori memahami. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil penghitungan jawaban responden pada rentang mean dan interpretasi. Sebagaimana salah satu contoh hasil tertinggi/interpretasi sangat memahami pada instrumen terdapat pada pernyataan ke13 yang mengenai penolakan tindakan pengeboman atas dasar agama apapun, dengan memperoleh jumlah dari skor-skor yang ada sebanyak 539 dan nilai rata-ratanya 4.38. Sedangkan untuk hasil terendah pada instrumen terdapat pada pernyataan keenam, terkait ucapan selamat pada hari raya agama lain, dengan jumlah dari skor-skor yang ada sebanyak 341 dengan nilai rata-rata 2.77, dalam hal ini diinterpretasikan sebagai cukup memahami.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModerasi Beragama, Mahasiswa, Ma’had Al-Jami’ahen_US
dc.titleTingkat Pemahaman Moderasi Beragama Mahasiswa Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Tahun Akademik 2021-2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record