dc.description.abstract | Latifatur Rosidah Rahmawati, 2018, “ Model Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda Seberang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Drs. H. Yahya, M.Pd dan ibu Marniati Kadir S.Pd, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan hasil observasi sementara, peneliti mengamati secara proses pembelajaran guru dalam menyampaikan materi tidak mengetahui model pembelajaran yang sering mereka gunakan. Sehingga dalam proses pembelajaran ketepatan model pembelajaran dengan materi yang diajarkan belum sesuai. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Labbaika Samarinda.
Metode yan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil objek penelitian di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda Seberang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda yaitu, model kooperatif pada materi menggapai rezeki Allah. Problem solving pada materi mencintai anak yatim. Dan pembelajaran langsung pada materi hukum bacaan tajwid. Kesesuaian materi dengan model pembelajaran yang sudah tepat harus dipertahankan proses pembelajaran tersebut dengan model yang telah dikembangkan karena tujuan yang diharapkan itu adanya kesesuaian dari segi materi dengan proses dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang tepat pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. | en_US |