Pelaksanaan Pembelajaran PAI Berbasis Media Pembelajaran Monopoli
Abstract
ABSTRAK
Dinda Khoirunnisa Adani, 2022. Pelaksanaan Pembelajaran PAI Berbasis Media Pembelajaran Monopoli. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag. sebagai pembimbing 1 dan Dr. Hj. Fathul Jannah, M.SI. sebagai pembimbing 2.
Pemanfaatan media pembelajaran berbasis permainan dalam proses belajar mengajar merupakan pilihan utama bagi seorang guru dalam membangkitkan minat, motivasi dan rangsangan kegiatan belajar bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Salah satu media pembelajaran yang mudah dilakukan oleh guru namun dapat membuat suasana belajar lebih interaktif dan menyenangkan adalah media permainan monopoli. Secara basic media ajar monopoli merupakan media konvensional yang akan membantu siswa meningkatkan motivasi dalam proses pembelajaran dan penyampaian pesan serta isi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat motivasi belajar siswa dalam penggunaan media pembelajaran serta membantu siswa yang kurang mampu secara finansial maupun pemahaman agar bisa belajar secara efektif. Penelitian ini di lakukan di 4 sekolah yang tersebar di . Diantaranya SMP N 11 Samarinda, SMP N 22 Samarinda, SMP N 3 Balikpapan dan SMP IT Darul Hikmah Bontang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang di ambil siswa kelas VII, dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara untuk memperoleh informasi langsung dari responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis pembelajaran monopoli yang digunakan memiliki tingkat kemenarikan yang tinggi, karena setelah media ini di uji coba, hasilnya tingkat motivasi siswa meningkat setelah melaksanakan pembelajaran PAI berbasis media ajar monopoli. Temuan ini didukung oleh fakta lapangan berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh persentase pada indikator: 1) Senang mempelajari PAI dengan media monopoli sebesar 97.5% dengan kategori sangat tinggi, 2) Bermain monopoli mendukung penguasaan materi PAI sebesar 95.8% dengan kategori sangat tinggi, 3) Mudah memahami materi PAI yang disuguhkan dalam media monopoli sebesar 93.55% dengan kategori sangat tinggi sedangkan 4) Menemukan konsep dalam pembelajaran PAI dengan penggunaan media monopoli sebesar 88.13% dengan kategori tinggi (5) Memahami tulisan dan soal yang disuguhkan dalam permainan monopoli sebesar 96.7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengunaan media pembelajaran monopoli dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.