dc.description.abstract | ABSTRAK
Afriza An Nafisha, 2022. Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Mentimeter Pada Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XII di SMA Al-Munawwaroh Tenggarong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Husni Idris, M.Pd selaku pembimbing I dan Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang rendah. Penyalahgunaan handphone seperti bermain media social dan game online pada saat pembelajaran dapat menjadi salah satu faktor penyebab hasil belajar PAI tersebut. Pada masa perkembangan teknologi seperti saat ini, handphone seharusnya bisa menjadi salah satu media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Mentimeter merupakan aplikasi presentasi yang dapat menghubungkan interaksi dua arah antara guru dan siswa melalui perangkat elektronik seperti handphone yang dapat membantu siswa memahami materi yang disampaikan dengan pembelajaran yang lebih aktif, menyenangkan dan inovatif. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis aplikasi mentimeter pada hasil belajar PAI siswa kelas XII di SMA Al-Munawwaroh Tenggarong.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk desain penelitian one group pretest-posttest dengan melakukan pretest sebelum diberikan perlakuan dan melakukan posttest setelah diberi perlakuan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan sampel sebanyak 18 siswa yang meliputi seluruh siswa kelas XII di SMA Al-Munawwaroh Tenggarong. Pada penelitian ini dilakukan keabsahan data dengan uji validitas dan uji reliabilitas untuk mengukur valid atau tidaknya instrumen penelitian berupa pertanyaan pilihan ganda. Kemudian dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan selanjutnya dilakukan uji paired t-test untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis aplikasi mentimeter pada hasil belajar PAI.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan uji paired t-test diperoleh nilai thitung 7,53 > ttabel 1,739 dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti media pembelajaran berbasis aplikasi mentimeter efektif pada hasil belajar PAI siswa kelas XII di SMA Al-Munawwaroh Tenggarong. | en_US |