Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV di MIN 2 Samarinda
Abstract
Elvine Maudina Muhidin, 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV di MIN 2 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dilakukan di bawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Ananiah, M. M.Pd sebagai pembimbing 1 dan Ibu Marniati Kadir, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah Penggunaan model pembelajaran dalam menyampaikan materi pembelajaran dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, menyenangkan, sehingga siswa tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran, yaitu salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran menggambarkan keseluruhan urutan alur atau langkah-langkah yang pada umumnya diikuti oleh serangkaian kegiatan pembelajaran. Dalam model pembelajaran ditunjukkan secara jelas kegiatan-kegiatan apa yang perlu dilakukan oleh guru atau siswa, bagaimana urutan kegiatan-kegiatan tersebut, dan tugas-tugas khusus apa yang perlu dilakukan oleh siswa, karena bagaimanapun juga tugas guru adalah berusaha semaksimal mungkin agar siswa menyukai proses pembelajaran di kelas sehingga akan lebih mudah bagi siswa untuk menerima pembelajaran tersebut, yang nantinya akan berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas IV di MIN 2 Samarinda.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di MIN 2 Samarinda yang berjumlah 137 siswa, dengan mengambil sampel 20 siswa melalui teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, product moment dan dilanjutkan dengan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian melalui perhitungan kolerasi product moment dengan nilai signifikansi 0,05 dengan nilai koefisien 0,428 interval koefisien kolerasi nilai yang diperoleh berada pada rentang antara 0,400-0,700 yang berarti “cukup berpengaruh”. Kemudian pembuktian yang dilanjutkan perhitungan uji t secara manual apabila dilihat dari dalam table t pada taraf kebenaran 5% dan tingkat derajat kebebasan (dk) n-2 = 20-2 = 18 bahwa ttabel distribusi = 1,734 sedangkan thitung 2,009 lebih besar dari ttabel, dengan hasil thitung 2,009 > ttabel 1,734. Melalui perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) yang peneliti ajukan diterima, , yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas IV di MIN 2 Samarinda.