Implementasi Program Literasi dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup di SMA Plus Melati Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Marcelana Zhulhiza Yasmin, 2022 “Implementasi Program Literasi dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup di SMA Plus Melati Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M. Pd dan Dr. Akhmad Muadin, M. Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya gerakan literasi sekolah yang menuntut peserta didik untuk memperoleh kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan refleksi. Dalam hal ini, kemampuan generasi muda mesti ditingkatkan sedini mungkin agar sesuai dengan seiringnya perkembangan zaman yang tantangan dan tuntutannya lebih besar. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi program literasi sekolah dalam meningkatkan kecakapan hidup peserta didik yang diterapkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Melati Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif lokasi penelitian berada di Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Melati Samarinda. Informan penelitian yakni: Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, guru pendamping literasi, serta peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa program literasi yang diterapkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Melati Samarinda telah berjalan baik dan mampu memberikan dampak positif pada peserta didik meskipun belum sepenuhnya optimal. Melaksanakan program literasi dilingkungan sekolah tercantumnya pada kurikulum sekolah yang sesuai dengan kebijakan perintah. Sekolah telah berupaya agar pelaksanaan program literasi dilingkungan sekolah sesuai dengan harapan bangsa dengan menggunakan tahapan pembiasaan dan tahapan pengembangan, dimana program literasi baca tulis yang dilaksanakan selama 15 menit sebelum pembelajaran pertama dimulai dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dan mencerdaskan generasi muda dalam berliterasi. Diterapkannya program literasi dalam meningkatkan kecakapan hidup agar dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan potensi diri yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam kehidupan sehari-hari dengan berinteraksi dan beradabtasi, memecahkan masalah, berpikir kritis, berpikir kreatif, membina hubungan antar pribadi, kesadaran diri, berempati, mengatasi emosi serta stres.